PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELICIT-CONFRONT-IDENTIFY-RESOLVE-REINFORCE (ECIRR) BERBANTUAN PHYSICS EDUCATION AND TECHNOLOGY (PHET) SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN BELAJAR ABAD 21 PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA

AYU, WAHYUNINGRUM (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELICIT-CONFRONT-IDENTIFY-RESOLVE-REINFORCE (ECIRR) BERBANTUAN PHYSICS EDUCATION AND TECHNOLOGY (PHET) SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN BELAJAR ABAD 21 PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL AYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ECIRR berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan belajar abad 21 (keterampilan berpikir kritis, kreativitas, keterampilan komunikasi, dan keterampilan kolaborasi) siswa dalam pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas MIPA, dengan sampel kelas X MIPA 1 dan X MIPA 3. Uji MANOVA (Multivariate Analysis Of Variance) digunakan untuk mengetahui pengaruh model ECIRR tehadap keterampilan belajar 21 siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Untuk mengetahui keterampilan belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada masing-masing keterampilan, digunakan test of between subjects effects, didapatkan signifikansi 0,000. Hasil penelitian tersebut menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran ECIRR berbantuan PhET Simulation memiliki pengaruh terhadap keterampilan belajar abad 21 siswa. Kata Kunci: Model ECIRR, PhET Simulation, Keterampilan Abad 21, Keterampilan Berpikir Kritis, Kreativitas, Keterampilan Komunikasi, Keterampilan Kolaborasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2023 03:35
Last Modified: 04 Jan 2023 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22493

Actions (login required)

View Item View Item