PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA MATERI GERAK PARABOLA

Panca, Anggun Riana (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA MATERI GERAK PARABOLA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI PANCA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pelajaran yang harus di kembangkan pada zaman era globalisasi salah satunya adalah sains. Fisika adalah salah satu cabang dari ilmu pengetahuan alam berupa sains. Berdasarkan hasil observasi menyatakan bahwa pemahaman peserta didik masih rendah ketika pembelajaran fisika disekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa instrumen tes untuk peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development. Populasi penelitian ini adalah peserta didik dari sekolah yang ada di Gisting yaitu SMA Muhammadiyah Gisting dan MA Miftahul Ulum. Instrumen pada penelitian ini adalah Kuesioner berupa pertanyaan untuk mengukur tingkat keterampilan proses sains fisika peserta didik. Hasil penelitian, diperoleh dengan beberapa validasi dan respon peserta didik dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan penilaian para ahli dengan kriteria “baik” yang artinya dalam kategori produk ini layak dengan hasil persentase validasi ahli materi dengan hasil rata-rata 88,7%, persentase validasi ahli instrumen dengan hasil rata�rata 78% dan persentase validasi ahli bahasa dengan hasil 90% serta respon peserta didik dilakukan dengan menilai kelayakan dari media pembelajaran berupa instrumen tesyang dikembangkan dengan nilai rata-rata penilaian respon peserta didik sebesar 83,6%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan instrumen tes keterampilan proses sains fisika materi gerak parabola yaitu sangat baik digunakan sebagai penilaian pembelajaran fisika disekolah. Kata kunci : Media Pembelajaran, Instrumen tes, Research and Development iii ABSTRACT One of the lessont that must be developed in the era of globalization is science. Physics is a branch of natural science in the form of science. Sinful observasion result state that students understanding is still low when learning physics at school. The purpose of this research is to develop learning media in the form of test instruments for students. The type of research used in this research is Research and Development. The population of this study were students from schools in Gisting, namely SMA Muhammadiyah Gisting dan MA Miftahul Ulum, Tanggamus. The instrument in this study was a questionnaire in the form of questions to measure the level of students' science process skills. The results of the study, obtained by several validations and student responses using a Likert scale. Based on the assessment of experts with "good" criteria, which means that this product category is feasible with the results of the percentage of material expert validation with an average result of 88,7%, the percentage of media expert validation with an average result of 78%, student responses are carried out by assessing the feasibility of the learning media in the form of mockups that were developed with an average value of student response assessment of 83%. The results showed that the development of a simulation model for calculating the magnitude of electric current to improve students' science process skills was very well used as a medium for learning physics in schools. Keywords: Learning Media Instruments test, Research and Development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:14
Last Modified: 03 Jan 2023 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22472

Actions (login required)

View Item View Item