PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK DUA DIMENSI BERBASIS DONGENG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS III SD/MI

Intan, Silvia Dewi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK DUA DIMENSI BERBASIS DONGENG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS III SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL INTAN SILVIA DEWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan masalah yaitu, belum adanya media pembelajaran secara khusus seperti media pembelajaran berbasis dongeng, serta media pembelajaran yang digunakan kurang bervariatif, kemudian kurangnya minat membaca peserta didik yang masih terdampak pada pembelajaran online di masa pandemi. Tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran big book dua dimensi berbasis dongeng untuk meningkatkan minat baca siswa kelas III SD/MI. Media ini dibuat untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar antara pendidik dan peserta didik kemudian tujuan utama peneliti yaitu untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahap yaitu tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Validasi ahli materi dengan 2 validator, ahli media dengan 2 validator dan ahli bahasa dengan 2 validator serta 2 pendidik. Uji coba skala kecil dengan 20 peserta didik di SD Negeri 2 Mulyosari dan uji coba skala besar dengan 46 peserta didik di SD Negeri 1 Mulyosari Lampung Selatan. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran big book dua dimensi berbasis dongeng untuk meningkatkan minat baca siswa kelas III SD/MI memperoleh hasil rata-rata ahli materi 1 4,4 dan ahli materi 2 4,7 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Kemudian ahli media 1 4,3 dan ahli media 2 4,2 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Ahli bahasa 1 memperoleh rata-rata 3,8 dan ahli bahasa 2 3,8 yang termasuk dalam kategori layak. Penilaian yang dilakukan oleh pendidik 1 memperoleh hasil rata-rata 4,4 dan pendidik 2 4,5 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Respon peserta didik skala kecil memperoleh hasil rata-rata 43,6 yang termasuk dalam kategori layak, respon peserta didik skala besar 43 dengan kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan media pembelajaran big book dua dimensi berbasis dongeng untuk meningkatkan minat baca siswa kelas III SD/MI layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Big Book, Dongeng, Minat Baca

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2022 04:18
Last Modified: 30 Dec 2022 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22425

Actions (login required)

View Item View Item