STRATEGI BERTAHAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAHDI MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) (Studi pada Home Industri Keripik Pisang di Desa Talang Mulya Kec.Teluk Pandan Kab. Pesawaran Provinsi Lampung)

YULIANA, MAIDAH (2022) STRATEGI BERTAHAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAHDI MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) (Studi pada Home Industri Keripik Pisang di Desa Talang Mulya Kec.Teluk Pandan Kab. Pesawaran Provinsi Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1+BAB 5+DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI YULIANA MAIDAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Virus corona adalah bagian dari keluarga besar virus yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan bagian atas dengan tingkat ringan dan sedang salah satu dampak pandemi covid�19 telah menghantam UMKM sebanyak 1.785 koprasi dan 163.713 pelaku usaha mikro kecil dan menengah terdampak pandemi virus corona (covid-19) strategi bertahan untuk melindungi pasar dan mempertahankan pertumbuhan yang stabil. Rumusan masalah penelitian bagaimana strategi bertahan usaha mikro kecil dan menengah di masa pandemi covid-19 kripik pisang Desa Talang Mulya Kec. Teluk Pandan Kab. Pesawaran Provinsi Lampung, bagaimana strategi usaha mikro kecil dan menengah perspektif ekonomi Islam kripik pisang Desa Talang Mulya Kec.Teluk pandan Kab. Pesawaran Provinsi Lampung. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi bertahan usaha mikro kecil dan menengah di masa pandemi covid-19 kriipik pisang Desa Talang Mulya Kec. Teluk Pandan Kab Pesawaran Provinsi Lampung, untuk mengetahui bagaimana strategi usaha mikro kecil dan menengah dalam perspektif ekonomi Islam kripik pisang Desa Talang Mulya Kec. Teluk Pandan Kab. Pesawaran Provinsi Lampung Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengunakan metode deskritif kualitatif teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi analisis data dengan mencari data menyusun secara sistematik data yang diperoleh dari hasil wawancara dan catatan lapangan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi bagi usaha mikro kecil dan menengah kripik pisang menerapkan tiga strategi yang dilakukan untuk dapat mempertahankan bisnisnya pertama perbaikan kualitas produk dan perbaikan pelayanan yang kedua melakukan strategi kreatif dan inovatif yang ketiga konsep digital marketing dengan menggunakam WhatApp. Pandangan ekonomi Islam mengenai strategi dilihat dari prinsip dasar ekonomi islam yang terdiri dari 5 prinsip dasar yaitu ketuhanan (keimanan/tauhid), kenabian (nubuwwah), pemerintah (khilafah), keadilan (adl), pertangung jawab (ma’ad) Kata Kunci: strategi bertahan, Umkm, pandemi Covid-1 iii ABSTRACT The corona virus is part of a large family of viruses that can cause mild to moderate upper respiratory tract infections. One of the impacts of the COVID-19 pandemic has hit 1,785 cooperatives and 163,713 micro, small and medium enterprises affected by the corona virus pandemic (covid-19). 19) defensive strategy to protect the market and maintain steady growth. The formulation of the research problem is how to survive the micro, small and medium enterprises during the COVID-19 pandemic, banana chips, Talang Mulya Village, Kec. Teluk Pandan Kab. Pesawaran Lampung Province, what is the strategy for micro, small and medium enterprises from an Islamic economic perspective, banana chips, Talang Mulya Village, Teluk Pandan District, Kab. Lampung Province Pesawaran. The purpose of the study was to find out how the strategy for surviving micro, small and medium enterprises during the COVID-19 pandemic was banana chips, Talang Mulya Village, Kec. Teluk Pandan, Pesawaran Regency, Lampung Province, to find out how the strategy of micro, small and medium enterprises in the Islamic economic perspective of banana chips in Talang Mulya Village, Kec. Teluk Pandan Kab. Lampung Province Pesawaran This research is a type of field research using qualitative descriptive methods. Data collection techniques in this study use observations, interviews and documentation of data analysis by searching for data systematically compiling data obtained from interviews and field notes The results of this study can be concluded that the strategy for banana chips micro, small and medium enterprises applies three strategies to be able to maintain their business, first, product quality improvement and service improvement, second, creative and innovative strategies, and third, digital marketing concepts using WhatApp. The view of Islamic economics regarding strategy is seen from the basic principles of Islamic economics which consists of 5 basic principles, namely divinity (faith/tawhid), prophethood (nubuwwah), government (khilafah), justice (adl), accountability (ma'ad). Keywords: survival strategy, UMKM, Covid-19 pandemic.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:54
Last Modified: 30 Dec 2022 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22422

Actions (login required)

View Item View Item