ANALISIS PERSAINGAN USAHA PEDAGANG SEMBAKO TERHADAP PENDAPATAN DI PASAR SEMARANG BARU KECAMATAN PASIR SAKTI DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

ERVIN, TRIANI (2022) ANALISIS PERSAINGAN USAHA PEDAGANG SEMBAKO TERHADAP PENDAPATAN DI PASAR SEMARANG BARU KECAMATAN PASIR SAKTI DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of ERVIN FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Persaingan dalam bisnis adalah hal yang alamiah untuk mendapatakan keuntungan. Semakin hari persaingan dalam sektor perdagangan sembako semakin ketat. Hal ini disebabkan pangsa pasar sembako tidak mengenal musim, dalam artian kebutuhan akan sembako di masyarakat selalu dicari setiap harinya. Dalam hal tersebut maka banyak padagang sembako yang mengambil peluang tersebut khususnya di pasar semarang semarang baru kecamatan pasir sakti. Sehingga persaingan semakin kompleks. Salah satu bentuk persaingan usaha yang sedang penulis teliti adalah persaingan usaha pedagang sembako di pasar Semarang Baru Kecamatan Pasir Sakti. Rumusan masalah bagaimana bentuk persaingan usaha pedagang sembako terhadap pendapatan di pasar semarang baru kecamatan pasir sakti dan bagaimana tinjauan etika bisnis islam terhadap praktik persaingan usaha pedagang sembako di pasar semarang baru Kecamatan Pasir Sakti. beiurtujuan untuk mengetahui bentuk persaingan usaha pedagang sembako terhadap pendapatan di pasar semarang baru kecamatan pasir sakti serta untuk memahami dan menganalisis tinjauan etika bisnis islam terhadap praktik persaingan usaha pedagang sembako di pasar semarang baru Kecamatan Pasir Sakti. Metode yang digunakan dalam peneliti ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data skripsi ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung melalui wawancara dengan 22 pedagang dan 1 pengurus pasar, sedangkan data sekunder yang diperoleh dari sumber-sumber yang telah ada seperti dari perpustakaan, dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukan bahwa persaingan usaha pedagang sembako meliputi empat aspek yaitu harga, pelayanan, dan tempat. Dari ke empat aspek tersebut terdapat persaingan tidak sehat dari segi harga masih di temukannya pedagang yang membanting harga. Adanya hal tersebut mengakibatkan pendapatan pedagang tidak stabil setiap bulannya. Tentu hal ini bertentangan dengan etika bisnis Islam dalam kegiatan usahanya. Kata Kunci : Persaingan Usaha, Pendapatan, Etika Binsis Islam ABSTRACT Competition in business is natural for profit. Day by day the competition in the food trade sector is getting tougher. This is due to the fact that the market share of basic foods does not know the season, in the sense that the need for basic necessities in the community is always sought every day. In this case, many basic food traders took this opportunity, especially in the Semarang Baru market, Pasir Sakti sub-district. So the competition is getting more complex. One form of business competition that the author is researching is business competition for groceries traders at the Semarang Baru market, Pasir Sakti District. The formulation of the problem is how the form of business competition for food traders on income in the new Semarang market, Pasir Sakti sub-district, and what is the review of Islamic business ethics on the practice of business competition for basic food traders in the new Semarang market, Pasir Sakti District. aims to determine the form of business competition for basic food traders on income in the new Semarang market, Pasir Sakti sub-district, and to understand and analyze an Islamic business ethics review of the practice of business competition for basic food traders in the new Semarang market, Pasir Sakti District. The method used in this research is a qualitative method. This thesis data collection technique uses observation, interviews, and documentation. The data sources in this study used primary data obtained directly through interviews with 22 traders and 1 market administrator, while secondary data were obtained from existing sources such as libraries and previous research. The results of the study show that business competition for food traders includes four aspects, namely price, service, and place. Of the four aspects, there is unhealthy competition in terms of prices, traders who lower prices are still found. This has resulted in unstable traders' income every month. Of course this is contrary to Islamic business ethics in its business activities. Keywords: Business Competition, Income, Islamic Business Ethics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2022 04:13
Last Modified: 27 Dec 2022 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22357

Actions (login required)

View Item View Item