STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM di Mts MADINAH KARYATANI LABUHAN MARINGGAI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

ANJAR, MUSTIKA ASRI (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM di Mts MADINAH KARYATANI LABUHAN MARINGGAI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  ANJAR MUSTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Anjar Mustika Asri. 2020. Strategi Pengembangan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam di MTs MADINAH Desa karyatani, Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur. Tahun Ajaran 2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Pembimbing Kata kunci: Strategi Pengembangan Kompetensi Guru PAI Penelitian ini merupakan strategi pengembangan kompetensi untuk guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah Bagaimana strategi pengembangan kompetensi guru PAI di MTs MADINAH Karyatani Labuhan Maringgai Lampung Timur Tahun Ajaran 2019/2020 Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif di mana penulis harus mendapatkan data dengan cara melakukan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka data dapat dianalisis dengan reduksi data, melalukan penyusunan data dan kemudian baru bisa di analisis. Setelah melakukan analisis maka penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pemahaman kompetensi guru oleh guru di MTs MADINAH Karyatani, adalah profesionalisme yang harus dimiliki oleh setiap guru dalam proses pembelajaran sesuai dengan bidangnya, dan memiliki mutu pembelajaran agar tercapainya KBM yang efektif dan tepat sasaran. (2) Strategi pengembangan kompetensi guru adalah dengan meningkatkan kemampuan guru melalui seminar, mengikuti pertemuan MGMP, mengikuti diklat dan giat mengikuti kegiatan pelatihan lainnya dalam usaha memajukan kompetensi guru. (3) Faktor yang mempengaruhi pengembangan kompetensi guru adalah kurangnya sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran dan minimnya pengadaan sosialisasi. Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi serta masukan bagi kepala sekolah dan guru, siswa dan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:16
Last Modified: 27 Dec 2022 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22353

Actions (login required)

View Item View Item