PENGARUH RELIGIUSITAS, EKSPEKTASI RETURN, DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DI PASAR MODAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada generasi Z di Lampung)

ALDI, NOVALDI (2022) PENGARUH RELIGIUSITAS, EKSPEKTASI RETURN, DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DI PASAR MODAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada generasi Z di Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALDI NOVALDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Yang melatar belakangi dalam penelitian ini yaitu didasarkan pada hasil pra-riset dengan melalui penyebaran kuesioner ke pada investor generasi Z di Lampung, dimana para investor generasi z di lampung beranggapan bahwa selain adanya anjuran agama dalam berinvestasi terdapat return yang di harapkan dapat menghasilkan pendapatan yang lebih besar di kemudian hari, selain adanya harapan dari return tersebut, terdapat juga risiko yang cenderung menjadi suatu hal yang menghambat seseorang dalam membuat suatu keputusan dalam berinvestasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online melalui google formulir. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu investor generasi Z yang ada di Provinsi Lampung dan penentuan sampel menggunakan non-probability sampling yaitu purposive sampling dengan sampel yang berjumlah 96 responden. Selanjutnya untuk menganalisis peneliti menggunakan skala likert dan metode analisis datanya menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel religiusitas, ekspektasi return, dan persepsi resiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi. Uji R2 menunjukkan bahwa besarnya nilai R2 keputusan investasi adalah 0.546 yang berarti nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel religiusitas, ekspektasi return, dan persepsi resiko berkontribusi sebesar 54,6% dan sisanya sebesar 46,4% pada variabel lainnya. Kata kunci : Religiusitas, Ekspektasi Return, Persepsi resiko, Keputusan Investasi iii ABSTRAK The background in this research is based on pre-research results by distributing questionnaires to generation Z investors in Lampung, where generation Z investors in Lampung assume that apart from religious advice in investing, there are returns that are expected to generate more income. big in the future, apart from the hope of the return, there is also a risk that tends to be something that hinders someone from making an investment decision. The research method used is a quantitative method with data collection techniques through online questionnaires via Google forms. The population in this study is generation Z investors in Lampung Province and the determination of the sample uses non-probability sampling, namely purposive sampling with a sample of 96 respondents. Furthermore, to analyze the researchers used a Likert scale and the data analysis method used SmartPLS. The results of the research conducted show that the variables religiosity, return expectations, and perceived risk have a positive and significant effect on investment decisions. The R2 test shows that the magnitude of the investment decision R2 value is 0.546, which means that this value indicates that the variables of religiosity, return expectations, and perceived risk contribute 54.6% and the remaining 46.4% in other variables. Keywords: Religiosity, Expected Return, Perceived Risk, Investment Decision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Dec 2022 07:41
Last Modified: 26 Dec 2022 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22343

Actions (login required)

View Item View Item