PENGARUH PERFORMANCE EXPECTANCY DAN EFFORT EXPECTANCY TERHADAP INTENSI KONTINUITAS PADA PENGGUNAAN GOPAY DI BANDAR LAMPUNG MENURUT PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH

SITI, YULI SETIANI (2022) PENGARUH PERFORMANCE EXPECTANCY DAN EFFORT EXPECTANCY TERHADAP INTENSI KONTINUITAS PADA PENGGUNAAN GOPAY DI BANDAR LAMPUNG MENURUT PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI YULI SETIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Gopay merupakan layanan dengan peringkat pertama yang digunakan untuk pembayaran. Gopay juga secara konstan menduduki peringkat pertama berdasarkan pengguna bulanan terbanyak sejak 2018. Masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu adanya beberapa pengguna yang kecewa dengan penyedia layanan Gopay (Gojek), dimana keluhan yang dilaporkan tidak ditindak lanjuti. Tidak hanya itu, penulis juga menemukan adanya inkonsistensi hasil dari effort expectancy sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Dengan demikian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh performance expectancy, dan effort expectancy terhadap intensi kontinuitas pada penggunaan Gopay, dan juga untuk mengetahui performance expectancy, effort expectancy dan intensi kontinuitas pada penggunaan Gopay menurut perspektif manajemen bisnis syariah. Metode yang digunakan pada penelitian iini adalah kuantitatif, penelitian deskriptif berikut menggunakan metode penyebaran kuesioner pada pengguna Gopay di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan non�probability sampling dengan menggunakan purposive sampling, jumlah sampel yang akan digunakan sebanyak 100 orang. Kemudian penelitian ini melakukan analisa menggunakan Smart PLS dengan skala likert. Hasil penelitian ini setelah diuji dengan melihat nilai Original Sampel dan juga P-value mendapatkan hasil bahwa performance expectancy berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi kontinuitas sehingga dmikian hipotesis pertama didukung. Hasil uji dari variabel Effort Expectancy berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intensi Kontinuitas sehingga hipotesis kedua terdukung. Hasil uji Determinan Koefisien didapatkan nilai sebesar 40,6% dan 59,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari yang terdapat pada penelitian ini. intensi Kontiunitas merujuk pada konsumen yang terus melakukan transaksi menggunakan suatu produk secara berkelanjutan, secara umum niat oenggunaan berkelanjutan merupakan kesetiaan seorang konsumen pada produk yang digunakan namun dalam konteks yang dibahas pada penilitian ini sebagaimana seorang konsumen memiliki niat untuk melanjutkan bertransaksi menggunakan Gopay tanpa adanya kontrol pada dirinya dikhawatirkan konsumen tersebut akan berlaku boros. Selain itu, variabel-variabel tersebut sejalan dengan syariat Islam sehingga dalam praktik menggunakan Gopay tidak ada unsur yang dapat merugikan orang lain sebagaimana hal tersebut sejalan dengan prinsip-prinsip syariat Islam. Kata kunci : Performance Expectancy, Effort Expectancy, Intensi Kontinuitas. iii ABSTRACT Gopay is the first-ranked service used for payments. Gopay has also consistently ranked first based on the most monthly users since 2018. The problem in this study is that there are some users who are disappointed with the Gopay service provider (Gojek), where the complaints reported are not followed up. Not only that, the authors also found inconsistencies in the results of effort expectancy so that the authors were interested in conducting this research. Thus, this thesis aims to determine the effect of performance expectancy, and effort expectancy on the continuance intention on the use of Gopay, and also to determine the performance expectancy, effort expectancy and continuance intention on the use of Gopay according to the perspective of sharia business management. The method used in this research is quantitative, the following descriptive research uses the method of distributing questionnaires to Gopay users in Bandar Lampung. This study uses non-probability sampling using purposive sampling, the number of samples that will be used is 100 people. Then this study analyzes using Smart PLS with a Likert scale. The results of this study after being tested by looking at the Original Sample value and also the P-value get the result that performance expectancy has a positive and significant effect on continuance intention so that the first hypothesis is supported. The test results of the Effort Expectancy variable have a positive and significant effect on Continuance Intention so that the second hypothesis is supported. The results of the Coefficient Determinant test obtained a value of 40.6% and 59.4% were influenced by other variables outside of those contained in this study. Continuance intention refers to consumers who continue to make transactions using a product on an ongoing basis, in general, sustainable use intention is a consumer's loyalty to the product used but in the context discussed in this research as a consumer has the intention to continue making transactions using Gopay without any control over he feared that the consumer would act extravagantly. In Islam, it encourages its people to do things that are not in vain and also do not make it difficult. In addition, these variables are in line with Islamic law so that in the practice of using Gopay there are no elements that can harm other people as this is in line with the principles of Islamic law. Keywords: Performance Expectancy, Effort Expectancy, Continuance Intention

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Dec 2022 07:37
Last Modified: 26 Dec 2022 07:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22342

Actions (login required)

View Item View Item