PENGARUH KOREAN WAVE, COUNTRY OF ORIGIN DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK MAKANAN KOREA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konsumen Remaja di Bandar Lampung)

Rizka, Febila (2022) PENGARUH KOREAN WAVE, COUNTRY OF ORIGIN DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK MAKANAN KOREA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konsumen Remaja di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZKA FEBILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ketersediaan produk makanan asing di pasar lokal semakin luas. Salah satunya adalah produk mi instan asal Korea Selatan. Korea Selatan menjadi negara dengan pengimpor mi instan terbanyak dibandingkan negara Asia lainnya. Namun jika dilihat perkembangannya, nilai impor dari tahun ke tahun mengalami fluktuasi. Produk mi instan asal Korea Selatan bukan hanya bersaing dengan sesama produk impor saja, melainkan juga bersaing dengan produk lokal. Menurut survei dari Katadata Insight dan pra survei yang dilakukan oleh peneliti, mendapatkan hasil bahwa preferensi konsumen terhadap produk makanan impor masih rendah. Hal tersebut tentu saja menjadi tantangan bagi produk-produk makanan impor, dalam memasarkan produknya agar dapat diterima dan bertahan di pasar lokal. Untuk dapat memasuki pasar, perusahaan haruslah memahami perilaku konsumen seperti purchase intention atau niat beli. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Korean Wave berpengaruh terhadap Purchase Intention, apakah Country of Origin berpengaruh terhadap Purchase Intention, dan apakah Brand Image berpengaruh terhadap Purchase Intention. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen remaja di Bandar Lampung. Dengan sampel penelitian berjumlah 100 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan partial least squares structural equation modeling (PLS -SEM) dengan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Korean Wave terhadap Purchase Intention. Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara variabel Country of Origin terhadap Purchase Intention. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Brand Image terhadap Purchase Intention. Pada hasil uji koefisien iii determinasi menunjukkan hasil sebesar 51,1% artinya, variabel Korean Wave, Country of Origin dan Brand Image memberikan pengaruh terhadap variabel Purchase Intention dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang di luar dari penelitian ini. Purchase Intention atau adalah kecenderungan sikap konsumen yang tertarik kemudian mengambil tindakan yang berhubungan dengan pembelian melalui berbagai tahapan dan tingkat kemungkinan sampai dengan kemampuan untuk membeli produk, jasa atau merek tertentu. Dalam Islam tidak melarang setiap manusia untuk memenuhi kebutuhan atau keinginannya untuk membeli suatu produk. Konsumsi dalam Islam bukan hanya berdasarkan keinginan (want) melainkan kebutuhan (need). Oleh sebab itu kita sebagai konsumen haruslah bisa mempertimbangkan dan mencari informasi terkait produk, sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian. Hal tersebut dilakukan agar terhindar dari sifat yang tidak disukai Allah SWT. Kata Kunci: Korean Wave, Country of Origin, Brand Image, Purchase Intention, dan Makanan Korea iv ABSTRACT The availability of foreign food products in the local market is getting wider. One of them is an instant noodle product from South Korea. South Korea is the country with the most importers of instant noodles compared to other Asian countries. However, if you look at the development, the value of imports from year to year fluctuates. Instant noodle products from South Korea are not only competing with fellow imported products, but also competing with local products. According to a survey from Katadata Insight and a pre-survey conducted by researchers, it was found that consumer preferences towards imported food products are still low. This is of course a challenge for imported food products, in marketing their products so that they can be accepted and survive in the local market. To be able to enter the market, companies must understand consumer behavior such as purchase intentions. So the purpose of this study is to find out whether Korean Wave affects Purchase Intention, whether Country of Origin affects Purchase Intention, and whether Brand Image affects Purchase Intention. The research method used is a quantitative method. The population in this study was adolescent consumers in Bandar Lampung. With a study sample of 100 respondents. The sampling technique uses purposive sampling technique. Data collection through questionnaires. The analysis method used in this study used partial least squares structural equation modeling (PLS -SEM) with SmartPLS 3 software. The results showed that there was a positive and significant influence between Korean Wave variables on Purchase Intention. There is a positive and insignificant influence between the Country of Origin variable on Purchase Intention. There is a significant and significant influence between the Brand Image variable on Purchase Intention. The results of the coefficient of determination test showed a result of 51.1%, meaning that the Korean Wave, Country of Origin v and Brand Image variables had an influence on the Purchase Intention variable and the rest were explained by other variables that were outside of this study. Purchase Intention or is the tendency of the attitude of consumers who are interested then take actions related to the purchase through various stages and degrees of possibility up to the ability to buy a certain product, service or brand. In Islam it does not forbid every human being to fulfill his needs or desires to buy a product. Consumption in Islam is not only based on desire but need. Therefore, we as consumers must be able to consider and find information related to products, before finally deciding to make a purchase. This is done to avoid traits that Allah SWT does not like. Keywords: Korean Wave, Country of Origin, Brand Image, Purchase Intention, and Korean Food

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:23
Last Modified: 26 Dec 2022 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22337

Actions (login required)

View Item View Item