PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 1 SIDOMULYO

Intan, Rini Restuti (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 1 SIDOMULYO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL INTAN RINI RESTUTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan data hasil pra penelitian yang telah dilakukan di SD Negeri 1 Sidomulyo, Kabupaten Tanggamus diketahui Pendidik sudah menggunakan berbagai model pembelajaran yang bervariasi, contohnya seperti model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran jigsaw, namun dalam proses belajar mengajar menggunakan model tersebut belum tepat dan kurang efesien untuk meningkatkan hasil belajar. Sehingga hasil belajar peserta didik masih tergolong rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penulis menawarkan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan metode penelitian Quasy Eksperiment Design. Desain yang digunakan yaitu Noneiquivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 35 peserta didik. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda dan dokumentasi. Uji Instrumen penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya beda. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan menggunakan uji hipotesis Uji-t menunjukkan bahwa hasil belajar diperoleh hasil postest thitung yaitu 2,517 lebih besar dari pada ttabel yaitu 1,740 dengan kesimpulan Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Sidomulyo. Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Dec 2022 08:02
Last Modified: 24 Jan 2023 04:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22327

Actions (login required)

View Item View Item