PENGARUH CONTENT MARKETING, DISKON PENGGUNA VOUCHER APLIKASI MYVALUE KOMPAS GRAMEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN GRAMEDIA DI MASA COVID 19 PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Toko Buku Gramedia Raden Intan Lampung)

M., Alimul Kabir Albant (2022) PENGARUH CONTENT MARKETING, DISKON PENGGUNA VOUCHER APLIKASI MYVALUE KOMPAS GRAMEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN GRAMEDIA DI MASA COVID 19 PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Toko Buku Gramedia Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI full ALKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sejak Pandemi Covid-19 melanda tanah air, terjadi penurunan pembelian Buku yang signifikan. Sementara itu aktivitas masyarakat sangat mengandalkan jaringan internet, pihak Gramedia menerapkan trobosan baru dalam meningkatkan penjualan salah satu nya dengan melakukan kegiatan Content marketing di media sosial dan Diskon pengguna voucher melalui aplikasi MyValue Kompas Gramedia. Keputusan pembelian di dahului adanya minat dalam minat konsumen untuk melakukan pembelian, dimana dipengaruhi oleh content marketing, dan Diskon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan bersifat explanatory research serta menggunakan data statistik untuk dianalisis melalui teknik purposive sampling dan sampel yang digunakan adalah pada konsumen Gramedia yang telah membeli buku dan menggunakan Diskon pengguna aplikasi MyValue Kompas Gramedia berbentuk Voucher. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner di Gramedia maupun secara online pada 75 responden. Kuesioner diolah menggunakan bantuan statistik dengan analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan SmartPls V,3. hasil penelitian bahwa Content Marketing tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, Content Marketing tidak berpengaruh terhadap minat beli, diskon pengguna voucher aplikasi MyValue Kompas Gramedia berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Diskon Pengguna Voucher aplikasi MyValue Kompas Gramedia berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli, Minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Content Marketing tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, diskon pengguna voucher aplikasi MyValue Kompas Gramedia berpengaruh positif dan signifikan dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Content Marketing, Diskon Pengguna Voucher MyValue Kompas Gramedia, Minat Beli, Keputusan Pembelian. ABSTRACT Since the Covid-19 pandemic hit the country, there has been a significant decline in book purchases. Meanwhile, community activities rely heavily on the internet network, Gramedia has implemented a breakthrough in increasing sales, one of which is by conducting Content marketing activities on social media and discount voucher users through the Kompas Gramedia MyValue application. The purchase decision is preceded by an interest in consumer interest in making a purchase, which is influenced by content marketing, and discounts. This study uses a quantitative approach, explanatory research, and uses statistical data to be analyzed through the purposive sampling technique the sample used is Gramedia consumers who have purchased books and used the MyValue Kompas Gramedia application user discount in the form of a voucher. Data was collected by distributing questionnaires in Gramedia and online to 75 respondents. The questionnaire was processed using statistical assistance with data analysis using Partial Least Square (PLS) with SmartPls3. Based on the results of the study, content marketing has no effect on purchasing decisions. Content marketing has no effect on buying interest. Discounts on voucher users for the MyValue Kompas Gramedia application have a positive and significant effect on purchasing decisions. Discounts for Voucher Users on the MyValue Kompas Gramedia application have a significant positive effect on buying interest. Interest buying has a positive and significant effect on purchasing decisions. Content Marketing has no effect on purchasing decisions through buying interest. The discount voucher users of the MyValue Kompas Gramedia application have a positive, significant and insignificant effect on purchasing decisions. It can be concluded that there needs to be an increase in content marketing with the aim of attracting more consumer buying interest and that this will have an impact on purchasing decisions. Keywords: Content Marketing, Kompas Gramedia MyValue Voucher User Discounts, Purchasing Interest, Purchase Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:23
Last Modified: 21 Dec 2022 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22239

Actions (login required)

View Item View Item