KONSEP PENDIDIKAN ISLAM BERDASARKAN STUDI TAFSIR AL-QUR’AN (Telaah Qur’an Surat al-Baqarah Ayat 31-32)

Efin, Dian Fajrin (2017) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM BERDASARKAN STUDI TAFSIR AL-QUR’AN (Telaah Qur’an Surat al-Baqarah Ayat 31-32). Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of sampul_depan.pdf]
Preview
PDF
Download (18kB) | Preview
[thumbnail of abstrak_daftar_isi.pdf]
Preview
PDF
Download (110kB) | Preview
[thumbnail of bab_1-5.pdf]
Preview
PDF
Download (384kB) | Preview

Abstract

Minimnya pemahaman, penjiwaan, penghayatan dan pengamalan peserta didik mengenai ajaran-ajaran Islam itu, maka generasi muda penerus bangsa itu pun terjebak ke dalam lingkaran berbagai kebejadan akhlak (dekadensi moral) karena mereka tidak memiliki pegangan hidup atau pedoman kehidupan yang sudah gamblang dan nyata tertuang di dalam al-Qur.an dan as-Sunnah. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tujuan pendidikan menurut QS. al-Baqarah ayat 31-32, materi pendidikan menurut QS. al-Baqarah ayat 31-32 dan mengetahui metode pendidikan menurut QS. al-Baqarah ayat 31-32. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik studi kepustakaan (Library research), yaitu teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, litertur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan permasalahan yang menjadi obyek penelitian. Kemudian dilanjutkan dengan teknik analisis data. Dalam penelitian ini penulis mengunakan teknik analisis data kualitatif untuk selanjutnya akan dianalisis dengan pendekatan logika. Dari uraian di atas, maka dapat kita ketahui bahwa: 1) tujuan pendidikan yang terkandung dalam al-Qur.an surat al-Baqarah ayat 31-32 adalah : Pertama, menyiapkan manusia (peserta didik) untuk menjadi khalifah di muka bumi, dan mampu berperan aktif dalam mengemban amanat-amanat kekhalifahannya. Kedua, menyiapkan manusia (peserta didik) yang memiliki pengetahuan yang dapat bermanfaat baik untuk dirinya, maupun orang lain. 2) Materi pendidikan yang tercermin dalam al-Qur.an surat al-Baqarah ayat 31-32, tidak hanya mendorong untuk belajar ilmu akidah, syari.ah dan akhlak saja, juga mendorong manusia untuk menguasai berbagai disiplin ilmu pengetahuan lainnya. Al-Qur’an menetapkan alam semesta ini adalah „buku. yang harus dibaca untuk menuju ma.rifatullah. Sehingga al-Qur.an mendorong pembelajaran dalam konteks yang seluas-luasnya. Jadi, seorang muslim wajib belajar sains, karena sains menjadi salah satu alat untuk membuktikan kekuasaan Allah, selain ayat-ayat tanziliyah (wahyu). 3) Dalam al-Qur.an surat al-Baqarah ayat 31-32, menunjukkan adanya penggunaan metode ta.liim (memberi tahu). Ta.liim secara harfiah artinya memberitahukan sesuatu kepada seseorang yang belum tahu. Metode ta.liim merupakan metode dasar dalam pendidikan, bahkan dalam aktivitas komunikasi antara seseorang dengan orang lain. Sebelum pembicaraan lebih jauh dan untuk menghindari kesalahpahaman, maka pihak-pihak yang bersangkutan harus menyamakan pemahaman tentang obyek yang dibicarakan, dengan cara saling memberi tahu pengenalan atau pengetahuan tentang obyek yang dimaksud.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Nov 2017 07:50
Last Modified: 16 Nov 2017 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2223

Actions (login required)

View Item View Item