PENGARUH LABEL SEHAT DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK LEMONILO DAN NUTRIMI MENURUT PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Masyarakat Kota, Bandar Lampung)

Nur, Wakhit (2022) PENGARUH LABEL SEHAT DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK LEMONILO DAN NUTRIMI MENURUT PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Masyarakat Kota, Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Cetak Full Nur Wakhit.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Konsumsi merupakan kebutuhan utama dari manusia sebagai makhluk hidup, di mana salah satunya adalah konsumsi makanan. Selain makanan utama seperti nasi, sayur dan lauk pauk, masyarakat Indonesia terbiasa dengan konsumsi mi instan. Hal itulah yang menjadikan Indonesia menjadi konsumen mi instan terbesar kedua di dunia, padahal mi instan merupakan makanan yang tidak sehat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah label sehat mempengaruhi keputusan pembelian produk Lemonilo dan Nurtrimi pada masyarakat kota Bandar Lampung? Apakah harga mempengaruhi keputusan pembelian produk Lemonilo dan Nutrimi pada masyarakat kota Bandar Lampung? dan Bagaimana label sehat, harga dan keputusan pembelian produk Lemonilo dan Nutrimi masyarakat kota Bandar Lampung menurut perspektif bisnis syariah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui apakah label sehat berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Lemonilo dan Nutrimi pada masyarakat kota Bandar Lampung. Untuk mengetahui apakah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Lemonilo dan Nutrimi pada masyarakat kota Bandar Lampung. Untuk mengetahui bagaimana label sehat, harga dan keputusan pembelian produk Lemonilo dan Nutrimi menurut perspektif bisnis Islam. Penelitian ini dilakukan kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Bandar Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner sedangkan teknik analisis data yang menggunakan SmartPLS 3. Berdasarkan ouput SmartPLS 3 bahwa nilai signifikasi dari variabel label sehat terhadap keputusan pembelian nilai original sample (O) 0,334. Dari hasil ini didapatkan Label Sehat secara positif berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai T�statistic 4,041 > 1,96 dan P-Values 0,000 < 0,05, hal tersebut membuktikan bahwa Label Sehat secara signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu, H1 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Label Sehat (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) pada masyarakat kota, Bandar Lampung didukung. Harga berpengaruh positif terhadap perumusan keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai sampel awal (O) 0,515. Dari hasil tersebut diketahui bahwa Harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Nilai T statistik 5,923 > 1,96 dan nilai P 0,000 < 0,05 yang membuktikan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu, H2 menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) pada masyarakat perkotaan Bandar Lampung didukung. Label sehat pada produk Lemonilo dan Nutrimi adalah salah satu upaya atau ikhtiar masyarakat Bandar Lampung dalam beribadah kepada Allah dengan konsumsi makanan yang baik (tayyib) dan tidak berlebihan dalam menggunakan/konsumsi sumber daya yang akan menyebabkan penyakit di kemudian hari. Islam menawarkan kebebasan perihal harga. Penawaran harga oleh produk Lemonilo dan Nutrimi di kota Bandar Lampung telah sesuai dengan ketentuan bisnis Islam. Dalam penawarannya, produk Lemonilo dan Nurimi sendiri bukanlah barang yang diharamkan oleh Islam. Harga yang ditawarkan telah disepakati secara bersama antara penjual dan pembeli, serta atas dasar suka sama suka (rela). Keputusan pembelian produk Lemonilo dan Nutrimi merupakan salah upaya pemenuhan pemenuhan kebutuhan tahsiniyat/tersier. Keputusan pembelian produk Lemonilo dan Nutrimi masyarakat kota Bandar Lampung telah sesuai dengan syariat Islam asalkan tidak mengancam lima hal pokok, yaitu khifdu din (pemeliharaan agama), khifdu nafs (menjaga kehidupan), khifdu aql (memelihara akal), khifdu nasl (memelihara keturunan) dan khifdu maal (memelihara properti) dan tidak menimbulkan kesusahan. Keputusan pembelian produk Lemonilo dan Nutrimi memiliki manfaat untuk menghindari keputusan pembelian mi instan yang memiliki kandungan gizi yang tidak baik jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka panjang. Pencantuman Label Sehat pada kemasan produk sifatnya adalah Tabligh (menyampaikan), dan Label Sehat diberikan oleh lembaga BPOM yang amanah. Wallahu a'lam bish-shawab. Kata Kunci: Label Sehat, Harga, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2022 07:14
Last Modified: 19 Dec 2022 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22200

Actions (login required)

View Item View Item