Analisis Environmental Awareness dalam Minat Beli Produk Ramah Lingkungan Menurut Perspektif Bisnis Islam (Studi Pada Nasabah Bank Sampah Emak.Id)

Ayu, Diah Ramaiska (2022) Analisis Environmental Awareness dalam Minat Beli Produk Ramah Lingkungan Menurut Perspektif Bisnis Islam (Studi Pada Nasabah Bank Sampah Emak.Id). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I  II  V _Perpustakaan Pusat.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Ayu Diah Ramaiska_Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan bisnis yang semakin pesat saat ini juga diiringi dengan meningkatnya permasalahan lingkungan yang semakin kompleks. Masalah lingkungan yang muncul disebabkan oleh moral dan perilaku manusia, sehingga kesadaran lingkungan menjadi hal yang sangat penting untuk membangun keseimbangan dengan alamnya. Berdasarkan data dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampan Nasional pada Tahun 2021 volume sampah warga Kota Bandar Lampung mencapai 1.000 ton perhari dengan komposisi sampah anorganik lebih besar dari sampah organik. Pada journal of planning and policy development tentang kinerja pengelolaan sampah Kota Bandar Lampung menyatakan bahwa tingkat kesadaran dan kepedulian masyarakat Kota Bandar Lampung dapat dikatakan rendah. Berdasarkan permasalahan di atas munculnya Bank Sampah Emak.Id berhasil mengelola jenis sampah plastik sebesar 42,5 ton dalam waktu satu tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Sumber data yang ada di dalam penelitian ini berasal dari sumber data primer yang diperoleh dari narasumber yaitu Founder Bank Sampah Emak.Id, Karyawan serta Nasabah Bank Sampah Emak.Id dengan jumlah sampel sebanyak 43 informan. sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan buku dan jurnal penelitian terdahulu yang relevan dengan judul dan juga teori yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar nasabah Bank Sampah Emak.Id memiliki kesadaran lingkungan yang cukup tinggi namun mereka tidak cukup memiliki minat beli pada produk ramah lingkungan. Berdasarkan perspektif bisnis Islam penggunaan produk ramah lingkungan merupakan wujud dari kesadaran dan kepedulian kita terhadap lingkungan. Sebagai manusia kita punya kewajiban untuk memenuhi kebutuhan hidup yaitu dengan berbisnis yang baik dan mengkonsumsi yang baik, menggunakan produk yang ramah lingkungan sebagai bentuk tanggungjawab manusia sebagai khalifah dimuka bumi ini. Kata kunci: Kesadaran Lingkungan, Minat Beli, Produk Ramah Lingkungan. ABSTRACT Today's increasingly rapid business development is accompanied by increasingly complex environmental problems. Environmental problems that arise are caused by morals and human behavior, so environmental awareness is very important to build a balance with nature. Based on data from the National Sampan Management Information System, in 2021 the volume of waste from Bandar Lampung City residents will reach 1,000 tons per day with a composition of inorganic waste greater than organic waste. In the journal of planning and policy development regarding the performance of waste management in Bandar Lampung City, it was stated that the level of awareness and concern for the people of Bandar Lampung City can be said to be low. Based on the problems above, the emergence of the Emak.Id Garbage Bank succeeded in managing 42.5 tons of plastic waste in one year. This study used a qualitative method with a descriptive approach and data collection techniques in the form of observation and interviews. The data sources in this study came from primary data sources obtained from informants, namely the Founder of the Emak.Id Garbage Bank, employees and customers of the Emak.Id Garbage Bank with a total sample of 43 informants. while for secondary data obtained from literature studies of previous research books and journals that are relevant to the title and also the theory used. The results of this study indicate that most of the customers of the Emak.Id Garbage Bank have a fairly high environmental awareness, but they do not have the interest to purchase environmentally friendly products. Based on an Islamic business perspective, the use of environmentally friendly products is a manifestation of our awareness and concern for the environment. As human beings, we have an obligation to make ends meet, namely by doing good business and consuming good, using environmentally friendly products as a form of human responsibility as caliphs on this earth. Keywords: Environmental Awareness, Purchase Interest, Eco�Friendly Products.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2022 06:39
Last Modified: 19 Dec 2022 06:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22193

Actions (login required)

View Item View Item