PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

AMELIA, WULANDARI (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI AMELIA WULANDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan observasi yang telah dilakukan menyatakan bahwa sumber belajar yang banyak digunakan berupa buku dan modul. Buku dan modul yang digunakan berisi materi teks bacaan dan gambar dengan warna yang terlihat monoton. Selain itu, rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika juga menjadi masalah dalam proses pembelajaran. Maka diperlukan sumber belajar yang bersifat interaktif. Sumber belajar yang dikembangkan perlu menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) untuk memperluas pengetahuan peserta didik terhadap kaitan ilmu fisika dengan sains, teknologi, dan lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-modul, kelayakan e-modul, dan untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap kelayakan e-modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Dessemination. Namun, peneliti hanya membatasi sampai tahap ketiga. Sampel dalam penelitian ini yaitu pendidik dan peserta didik di tiga SMA yang ada di Bandar Lampung diantaranya SMAN 2 Bandar Lampung, SMAN 3 Bandar Lampung, dan SMAN 12 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu produk berupa e-modul interaktif berbasis sains teknologi masyarakat pada materi usaha dan energi yang sangat layak, karena telah memenuhi tahapan uji validasi dan uji coba dengan persentase pencapaian sebesar 97% menurut ahli materi, 88,5% menurut ahli media, 97,5% menurut ahli IT, 93% menurut pendidik, 88% uji coba kelompok kecil, dan 89% uji coba lapangan. Dari penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa e�modul interaktif berbasis sains teknologi masyarakat pada materi usaha dan energi memenuhi persyaratan dengan kualitas sangat layak dan sangat menarik digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta didik kelas X. Kata Kunci: E-Modul Interaktif, Sains Teknologi Masyarakat, Usaha Dan Energi iii ABSTRACT Based on the observations that have been made, it is stated that the learning resources used are in the form of books and modules. The books and modules used contain reading text material and pictures with colors that look monotonous. In addition, the low interest of students in learning physics is also a problem in the learning process. So we need interactive learning resources. Learning resources that are developed need to use a science technology society (STS) approach to expand students' knowledge of the relationship between physics and science, technology, and the society environment. This study aims to determine the process of developing e-modules, the feasibility of e-modules, and to determine the response of educators and students to the feasibility of e-modules. The type of research used is Research and Development (R&D) by adopting a 4D model consisting of 4 stages, namely Define, Design, Develop, and Dessemination. However, researchers only limit it to the third stage. The samples in this study were educators and students in three high schools in Bandar Lampung including SMAN 2 Bandar Lampung, SMAN 3 Bandar Lampung, and SMAN 12 Bandar Lampung. Data collection methods used in the form of questionnaires and documentation. The results of this study are products in the form of interactive e�modules based of an science technology society on work and energy materials which are very feasible, because they have met the validation and trial stages with an achievement percentage of 97% according to material experts, 88,5% according to media expert, 97,5% according to IT experts, 88% small group trial, and 89% field trial. From this research and development, it can be concluded that the interactive e-module based of an science technology society on work and energy materials meets the requirements with very decent quality and is very attractive to be used as a learning medium for class X students. Keywords: Interactive E-Module, Science Technology Society, Work And Energy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:54
Last Modified: 14 Dec 2022 07:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22100

Actions (login required)

View Item View Item