PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Pada Pengguna Tokopedia di Bandar Lampung)

ISMA, KHOTIMAH (2022) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Pada Pengguna Tokopedia di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL ISMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Persaingan dalam dunia usaha juga semakin kompetitif. Sehingga pelaku usaha terus bersaing dalam memasarkan produknya salah satunya menggunakan sosial media. Pemasaran di sosial media dianggap berpotensi besar dalam meningkatkan minat beli (purchase intention) terhadap suatu merek. Namun dari pra riset yang dilakukan penulis menunjukan bahwa hanya 40% responden yang berminat, sisanya masih ragu dan tidak berminat untuk berbenja di Tokopedia sedangkan 60% dari responden mengetahui Tokopedia melalui iklan di sosial media. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh social media marketing terhadap purchase intention yang dimediasi oleh brand trust serta bagaimana pandangan Islam terhadap pengaruh tersebut. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing terhadap purchase intention pada pengguna Tokopedia dengan brand trust sebagai variabel mediasi dalam perspektif ekonomi Islam. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada menggunakan kuesioner yang menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna Tokopedia di Bandar Lampung dan sampel yang diambil berjumlah 97 sampel menggunakan metode purposive sampling. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer. Dan metode analisis data yang digunakan adalah pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh dan signifikan terhadap purchase intention, social media marketing berpengaruh positif signifikan terhadap brand trust, dan brand trust berpengaruh positif signifikan terhadap purchase intention. Dengan menggunakan cuasal step menunjukkan hasil bahwa brand trust memediasi hubungan social media marketing terhadap purchase intention berpengaruh secara partial mediation. Kata Kunci: Social media marketing, brand trust, purchase intention.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2022 06:27
Last Modified: 14 Dec 2022 06:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22090

Actions (login required)

View Item View Item