ANALISIS KOMPOSISI HOTS DAN LOTS MATA PELAJARAN FISIKA PADA UJIAN SEKOLAH SMA BANDAR LAMPUNG

MELINDA, Sunaryo (2022) ANALISIS KOMPOSISI HOTS DAN LOTS MATA PELAJARAN FISIKA PADA UJIAN SEKOLAH SMA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  MELINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ujian Sekolah adalah kegiatan mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu Satuan Pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis butir soal ujian sekolah dalam tiga tahun terakhir yaitu tahun pelajaran 2019/2020, 2020/2021, dan 2021/2022 berdasarkan aspek kemampuan berpikir tingkat tinggi menurut Brookhart. Aspek HOTS yang dianalisis adalah: menganalisi, mengevaluasi, mencipta, penalaran logika, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan kreativitas serta berpikir kreatif. Penelitian menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara dalam mengumpulkan data dan teknik triangulasi untuk mencari keabsahan data. Dari penelitian ini didapatkan bahwa sebaran soal HOTS yang tersaji dalam soal ujian sekolah di SMAN 2 Bandar Lampung selama tiga tahun terakhir adalah 40% pada 2019/2020, 42,5% pada 2020/2021, dan 32,5% pada tahun 2021/2022. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa soal ujian sekolah tiga tahun terakhir kurang memperhatikan aspek HOTS dan tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum. Kata Kunci: Higher Order Thinking Skills; Ujian Sekolah; Analisis Butir Soal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2022 05:04
Last Modified: 14 Dec 2022 05:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22089

Actions (login required)

View Item View Item