MELINDA, Sunaryo (2022) ANALISIS KOMPOSISI HOTS DAN LOTS MATA PELAJARAN FISIKA PADA UJIAN SEKOLAH SMA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Ujian Sekolah adalah kegiatan mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu Satuan Pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis butir soal ujian sekolah dalam tiga tahun terakhir yaitu tahun pelajaran 2019/2020, 2020/2021, dan 2021/2022 berdasarkan aspek kemampuan berpikir tingkat tinggi menurut Brookhart. Aspek HOTS yang dianalisis adalah: menganalisi, mengevaluasi, mencipta, penalaran logika, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan kreativitas serta berpikir kreatif. Penelitian menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara dalam mengumpulkan data dan teknik triangulasi untuk mencari keabsahan data. Dari penelitian ini didapatkan bahwa sebaran soal HOTS yang tersaji dalam soal ujian sekolah di SMAN 2 Bandar Lampung selama tiga tahun terakhir adalah 40% pada 2019/2020, 42,5% pada 2020/2021, dan 32,5% pada tahun 2021/2022. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa soal ujian sekolah tiga tahun terakhir kurang memperhatikan aspek HOTS dan tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum. Kata Kunci: Higher Order Thinking Skills; Ujian Sekolah; Analisis Butir Soal
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 05:04 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 05:04 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22089 |
Actions (login required)
View Item |