PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PROFITABILITAS, DAN RESIKO BISNIS TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Juwita, Juwita (2022) PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PROFITABILITAS, DAN RESIKO BISNIS TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI JUWITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Struktur modal merupakan perimbangan atau perbandingan antara penggunaan modal pinjaman yang terdiri dati utang jangka panjang, utang jangka pendek, serta penggunaan modal sendiri. Pada tahun 2020 perusahaan industri makanan dan minuman mengalami perumbuhan yang menurun sebesar 6,89%, pertumbuhan negatif ini hanya terjadi pada tahun 2020 ini sebabkan oleh pandemi covid-19 karena pada tahun 2019 kebelakang industri ini selalu mengalami pertumbuhan yang positif. Namun pada tahun 2021 industri makanan dan minuman ini kembali mengalami pertumbuhan positif sebesar 1,58% dari tahun 2020. Maka dengan itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi industri tersebut dapat menstabilkan struktur modal yang ada pada perusahaan sehingga bisa mengalami pertumbuhan kembali dalam satu tahun ke depan. Peneliti membatasi beberapa faktor yang akan diteliti yang diduga memiliki pengaruh terhadap struktur modal yang diantaranya struktur aktiva, profitabilitas, dan resiko bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis metode penelitian merupakan penelitian asosiatif. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 26 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 12 perusahaan dengan tahun penelitian selama 2 tahun yaitu dari tahun 2020-2021. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, adapun sumber data penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan masing-masing yang terdapat di website resmi Bursa Efek Indonesia yaitu website idx. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial struktur aktiva berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal, dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal, serta resiko bisnis berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan secara simultan struktur aktiva, profitabilitas, dan resiko bisnis secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap struktur modal pada perusahaan industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada masa pandemi covid-19. Kata kunci: Profitabilitas, Resiko Bisnis, Struktur Aktiva, Struktur Modal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:37
Last Modified: 14 Dec 2022 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22087

Actions (login required)

View Item View Item