PENGARUH ENTREPRENEURIAL KNOWLEDGE, LINGKUNGAN KELUARGA DAN EKSPEKTASI PENDAPATAN TERHADAP MINAT BERBISNIS ONLINE DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung)

Evi, Liana Putri (2022) PENGARUH ENTREPRENEURIAL KNOWLEDGE, LINGKUNGAN KELUARGA DAN EKSPEKTASI PENDAPATAN TERHADAP MINAT BERBISNIS ONLINE DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI EVI LIANA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Mahasiswa diharapkan menjadi wirausahawan muda yang terdidik untuk merintis usaha sendiri, dan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan. Minat berwirausaha dapat dilihat dari kesediaan untuk bekerja keras serta tekun untuk memajukan usahanya, bersedia untuk hidup hemat, bersedia untuk menanggung segala resiko yang berkaitan dengan usaha yang dilakukan, dan bersedia belajar dari kesalahan yang dialaminya. Sampai saat ini mayoritas lulusan perguruan tinggi bekerja sebagai pegawai atau hanya berorientasi sebagai pencari kerja. Sehingga sangat penting bagi mahasiswa untuk mempelajari kewirausahaan untuk menghindari adanya pengangguran bagi mahasiswa yang telah lulus. Oleh sebab itu, perguruan tinggi mempunyai peran yang sangat penting untuk mengarahkan supaya lulusan pada perguruan tinggi tersebut dapat mengarahkan untuk menjadi lebih mandiri dengan cara menciptakan lapangan pekerjaan dan tidak bergantung pada lapangan pekerjaan yang minim lowongan. Salah satu jalan untuk mengurangi tingkat pengangguran tersebut yaitu dengan cara membangun sebuah bisnis atau menjadi seorang entrepreneur (wirausaha). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan penelitian korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung angkatan 2018-2020 semua jurusan (Manajemen Bisnis Syariah, Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah, dan Perbankan Syariah) yaitu sebanyak kurang lebih 3.067 orang. Dengan sampel sebanyak 100 mahasiswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Hasil dari penelitian ini yaitu: entrepreneurial knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berbisnis online, hal ini berarti mahasiswa memiliki pengetahuan kewirausahaan yang tinggi karena semakin tinggi pengetahuan kewirausahaan maka akan semakin tinggi pula minat untuk berwirausaha. Lingkungan keluarga iii berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berbisnis online, artinya lingkungan keluarga yang baik akan menimbulkan sesuatu yang baik juga karena dengan adanya dukungan orang tua dalam berwirausaha maka seseorang akan semangat untuk berwirausaha. Ekspektasi pendpatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berbisnis online, hal ini berarti semakin tinggi orang bereskpektasi dalam pendapatan maka semakin tinggi pula minat seseorang dalam berwirausaha. Secara bersama-sama variabel entrepreneurial knowledge, lingkungan keluarga dan ekspektasi pendapatan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Minat berbisnis dalam perspektif Islam diperbolehkan tetapi harus sesuai dengan persyaratan dan prinsip dalam hukum Islam, seperti bebas dari unsur riba (bertambah), perjudian (maysir), ketidakpastian (gharar), dan paksaan (ikrah). Dalam hukum Islam juga terdapat beberapa rukun dan syarat yang berkaitan dengan suatu akad atau transaksi seperti: adanya kedua belah pihak atau lebih yang melakukan akad (transaksi), adanya sighat akad (ijab dan qabul), dan objek akad. Kata Kunci : Entrepreneurial Knowledge, Lingkungan Keluarga, Ekspektasi Pendapatan dan Minat Berbisnis Online iv ABSTRACT Students are expected to become young entrepreneurs who are educated to start their own businesses, and are able to create jobs for those in need. Interest in entrepreneurship can be seen from the willingness to work hard and diligently to advance their business, willing to live frugally, willing to bear all the risks associated with the business being done, and willing to learn from the mistakes they experience. Until now, the majority of university graduates work as employees or are only oriented as job seekers. So it is very important for students to study entrepreneurship to avoid unemployment for students who have graduated. Therefore, tertiary institutions have a very important role in directing graduates at these tertiary institutions to become more independent by creating jobs and not relying on jobs with minimal vacancies. One way to reduce the unemployment rate is by building a business or becoming entrepreneur an. This study uses a quantitative approach to the type of research using correlation research. The population of this study were students of the Faculty of Islamic Economics and Business UIN Raden Intan Lampung class of 2018-2020 all majors (Sharia Business Management, Sharia Economics, Sharia Accounting and Islamic Banking), namely approximately 3,067 people. With a sample of 100 students using a purposive sampling technique. Data collection techniques using questionnaires and documentation. Data processing techniques use the SmartPLS 3 application. The results of this study are: entrepreneurial knowledge has a positive and significant effect on interest in doing business online, this means that students have high entrepreneurial knowledge because the higher the entrepreneurial knowledge, the higher the interest in entrepreneurship. The family environment has a positive and significant effect on the interest in doing business online, meaning that a good family environment will give rise to something good too because with the support of parents in entrepreneurship, someone will be enthusiastic about entrepreneurship. Income expectations have a positive and significant effect on interest in doing business online, this v means that the higher people expect income, the higher one's interest in entrepreneurship. Taken together, entrepreneurial knowledge, family environment and income expectations have a positive and significant influence. Interest in doing business in an Islamic perspective is permissible but must comply with the requirements and principles of Islamic law, such as being free from elements of riba (increase), gambling (maysir), uncertainty (gharar), and coercion (ikrah). In Islamic law there are also several pillars and conditions related to a contract or transaction such as: the existence of two or more parties making the contract (transaction), the existence of a sighat contract (consent and qabul), and the object of the contract. Keywords: Entrepreneurial Knowledge, Family Environment, Income Expectations and Interest in Doing Business Online

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2022 06:30
Last Modified: 08 Dec 2022 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22006

Actions (login required)

View Item View Item