PENGARUH POPULARITAS DAN PRIVILEGE OWNER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GEPREK BENSU DI TINJAU DALAM PERSFEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung)

M., Siddiq Al Ma’ruf (2022) PENGARUH POPULARITAS DAN PRIVILEGE OWNER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GEPREK BENSU DI TINJAU DALAM PERSFEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI M. SIDDIQ AL MA’RUF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini persaingan pada dunia bisnis semakin berkembang. Persaingan yang semakin tinggi membuat perusahaan berlomba-lomba untuk memberikan penawaran terbaik agar merek serta produknya menjadi yang terkuat dibanding dengan merek dan produk pada perusahaan pesaingnya sehingga dapat memenangkan pasar. Bisnis ini juga dapat dengan cepat diterima oleh masyarakat karena menggunakan nama besar atau kepopuleran yang dimiliki oleh para artis ibukota. Berkat image keartisan yang telah melekat di antara owner artis- artis tersebut, menjadi keuntungan tersendiri untuk mengenalkan kepada masyarakat produk yang mereka jual serta membantu brand yang dimiliki para artis tersebut agar lebih familiar di masyarakat. Peran artis sebagai publik figur membantu menarik banyak perhatian publik terhadap usaha milik para artis ini. Salah satu merek dagang yang dimiliki oleh selebritis adalah ayam geprek bensu yang bergerak dibidang kuliner yang dimiliki oleh Ruben Onsu. Ruben Onsu adalah selebritis yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia karna kepopularitasnya di pertelevisian. Namun dibalik kesuksesan Geprek Bensu terdapat pula permasalahan yang terjadi yaitu terletak pada sengketa kepemilikan merek Geprek Bensu. Rumusan dalam penelitian ini adalah Apakah Popularitas akan berpengaruh pada keputusan konsumen terhadap pembelian Geprek Bensu?Apakah Privilege Owner berpengaruh pada keputusan konsumen terhadap pembelian Geprek Bensu?Apakah Popularitas dan Privilege Owner berpengaruh secara Bersama-sama terhadap keputusan pembelian?Apa pandangan islam dintinjau dari perspektif bisnis mengenai Popularitas terhadap keputusan pembelian?Apa pandangan islam ditinjau dari perspektif bisnis mengenai Privilege Owner terhadap keputusan pembelian? Sera tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah Popularitas berpengaruh pada keputusan pembelian Geprek Bensu,Untuk mengetahui apakah Privilege Owner Berpengaruh Pada Keputusan Pembelian Geprek Bensu,Untuk mengetahui hubungan antara Popularitas dan Privilege Owner secara Bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian.,Untuk mengetahui pandangan islam ditinjau dari perspektif bisnis mengenai Popularitas terhadap Keputusan Pembelian,Untuk mengetahui pandangan islam ditinjau dari perspektif bisnis mengenai Privilege Owner terhadap Keputusan Pembelian. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat statistik deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi sebanyak 1.184.949 dan sampel sebanyak 100 reponden. Pengumpulan data dengan teknik kuesioner/angket dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan SmartPLS. Analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Secara parsial menunjukkan bahwa variabel popularitas (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian,variabel privillege owner (X2) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan berdasarkan bisnis dalam perspektif islam popularitas dan privilege owner terhadap keputusan pembelian diperbolehkan karena setiap pemberian dari Allah merupakan anugerah serta harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dan tidak bertentangan dengan ajaran agama islam. Kata Kunci: Popularitas,Privilege Owner,Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:04
Last Modified: 07 Dec 2022 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21979

Actions (login required)

View Item View Item