PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Penelitian Pada Konsumen Produk Skincare Kota Bandar Lampung )

DIAH, AYU RETNO PALUPI (2022) PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Penelitian Pada Konsumen Produk Skincare Kota Bandar Lampung ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL DIAH AYU RETNO P.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Di era globalisasi saat ini manusia mengalami perkembangan budaya yang menyebabkan perkembangan kebutuhan pula. Perkembangan kebutuhan kehidupan yang semakin tinggi inilah yang menjadikan kebutuhan tersier atau tambahan menjadi suatu pemenuhan wajib bagi hampir kebanyakan orang. Salah satu kebutuhan tersier terebut adalah produk Skin Care. Skincare adalah rangkaian kegiatan perawatan kulit yang mendukung kesehatan dan kecantikan kulit. Indonesia merupakan Salah satu negara yang menjadi pasar terbesar produk kecantikan. Banyaknya minat akan produk skincare sehingga banyak juga skincare ilegal yang beredar di pasaran dengan bahan baku yang berbahaya dan skincare import yang beredar dengan tidak mencantumkan label halal serta kurangnya kesadaran konsumen dalam memperhatikan label halal yang ada pada kemasan produk Skincare menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan studi pada pengguna produk skincare di Kota Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 97 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Metode analisis data mengunakan SEM (Structural equation Modeling) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dan pengolahan data dilakukan menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa hipotesis didukung, yaitu label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk skincare di Kota Bandar Lampung. Dengan adanya label halal (X) pada kemasan produk skincare dapat meningkatkan minat beli (Y) konsumen pada produk skincare. Religiusitas memoderasi hubungan antara label halal dan minat beli artinya semakin tinggi kereligiusitasan seseorang muslim maka semakin tinggi juga minat mereka untuk memilih atau membeli produk sesuai dengan syariat Islam. Kata Kunci: Label Halal, Minat Beli, Religiusitas, Skincare

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:27
Last Modified: 06 Dec 2022 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21958

Actions (login required)

View Item View Item