PENGARUH CASH CONVERSION CYCLE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI ISSI TAHUN 2016-2020)

Umi, Kalsum (2022) PENGARUH CASH CONVERSION CYCLE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI ISSI TAHUN 2016-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI UMI KALSUM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pada lima sampel perusahaan yang terlihat bahwa pada 5 tahun perbandingan profitabilitas mengalami penurunan, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan belum baik dalam mengelola asetnya untuk menghasilkan laba sehingga perusahaan akan mengalami kesulitan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Permasalahan yang akan dicari jawabannya dalam skripsi ini adalah bagaimana pengaruh cash conversion cycle, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh cash conversion cycle, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di ISSI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini metode penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2016-2020. Berdasarkan dalam pemilihan sampel maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 130 sampel data. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang telah diaudit perusahaan manufaktur periode tahun 2016-2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi yaitu dengan cara mengumpulkan dan mencatat laporan keuangan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi data panel dengan bantuan Eviews versi 10. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa secara simultan variabel cash conversion cycle, ukuran perusahaan, dan leverage berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Sedangkan secara parsial, hasil penelitian menyatakan bahwa variabel cash conversion cycle, dan leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara siginifikan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Kata kunci : Cash Conversion Cycle, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:20
Last Modified: 06 Dec 2022 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21941

Actions (login required)

View Item View Item