PENGARUH ADIKSI INTERNET, MATERIALISME, DAN E�PAYMENT TERHADAP IMPULSE BUYING ONLINE DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi pada Generasi Milenial Kota Bandar Lampung)

Yani, Setyawaati (2022) PENGARUH ADIKSI INTERNET, MATERIALISME, DAN E�PAYMENT TERHADAP IMPULSE BUYING ONLINE DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi pada Generasi Milenial Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Yani Setyawaati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan meningkatnya E-commerce dan Online Shop di Indonesia serta tawaran berbagai kemudahan yang disajikan dalam aspek belanja membuat meningkatnya perilaku konsumtif masyarakat dalam berbelanja. Seiring dengan menjamurnya online shop di Indonesia dan kemudahan yang ditawarkannya juga akan disertai dengan meningkatnya perilaku konsumtif masyarakat modern, mereka tidak hanya membeli barang yang dibutuhkan tetapi juga membeli barang yang tidak terlalu penting. Konsumen Indonesia baik usia muda maupun tua memiliki karakter unplanned. Secara sadar maupun tidak, semua orang pasti pernah melakukan pembelian barang yang tidak direncanakan sebelumnya. Impulse buying merupakan salah satu perilaku konsumen dimana konsumen membeli barang yang diinginkan namun tidak mereka butuhkan. Verplanken menyatakan dampak dari pembelian impulsif adalah rasa penyesalan atas pembelian yang dilakukan, karena barang yang dibeli ada barang yang tidak dibutuhkan. Maka penting bagi peneliti meneliti masalah ini dengan berbagai variabel lainnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian ini adalah assosiatif. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial di kota Bandar Lampung. Sampel yang dilakukan menggunakan teknik random sampling dengan sampel 100 responden. Uji prasarat analisis menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan uji analisis linear berganda, uji T, uji F dan koefisien determinasi. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan IBM SPSS versi 25. Hasil dari penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel adiksi internet, materialisme dan e-payment memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying online. Secara simultan, adiksi internet, materialisme dan e-payment memiliki pengaruh secara positif terhadap impulse buying online. Dan diperoleh nilai R square sebesar 0,583 atau 57% yang artinya bahwa variabel adiksi internet, materialisme dan e-payment memberikan pengaruh terhadap impulse buying online sebesar 57%, sedangkan sisanya sebesar 43% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan pada model penelitian ini. Impulse buying online merupakan sifat konsumsi negatif seseorang yang dilakukuan tanpa adanya perencanaan dan dapat menimbulkan pemborosan dan pembelian berlebihan. Islam mengajarkan sikap pertengahan. Tidak kikir juga boros dan menganjurkan kesederhanaan dalam berkonsumsi tetapi juga tidak melarang umatnya untuk menikmati nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Maka sebagai seorang muslim yang taat sebaiknya kita menghindari sifat tersebut. Kata kunci : Impulse buying, Adiksi Internet, Materialisme, E�Payment, Bisnis Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:18
Last Modified: 06 Dec 2022 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21940

Actions (login required)

View Item View Item