PENGEMBANGAN E-MODUL MULTIREPRESENTASI BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA SISWA SMA UMTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Renaldy, Ghalib Hilmawan (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MULTIREPRESENTASI BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA SISWA SMA UMTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2_SKRIPSI_Renaldy Ghalib Hilmawan_181.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Renaldy Ghalib Hilmawan_1811090186.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan observasi yang telah dilakukan menyatakan bahwa sumber belajar yang digunakan berupa buku dan modul. Buku dan modul yang digunakan berisi materi teks bacaan dan gambar dengan warna yang terlihat monoton. Selain itu, rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran fisika juga menjadi masalah dalam proses pembelajaran. Maka diperlukan sumber belajar yang bersifat interaktif. Sumber belajar yang dikembangkan perlu menggunakan pendekatan multirepresentasi untuk memadukan anatara teks,gambar, atau grafik diharapkan mampu untuk menjembatani proses pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep fisika . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-modul, kelayakan e-modul, dan untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap kelayakan e-modul. Penelitian ini merupakan R&D yang mengadopsi perkembangan dari Metode ADDIE, subjek penelitian ini dalah peserta didik dari tiga sekolah menengah atas yaitu SMAN 10 Bandar Lampung, SMAN 14 Bandar Lampung, SMAN 16 Bandar Lampung dengan Instrument pengumpulan data berupa angket yang divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan guru Sekolah menengah atas disekitar Bandar Lampung untuk menguji kualitas E-modul dilakukan angket responden peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap E-modul, jenis data yang dihasilkan kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas E�modul yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa E-modul sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan presentase 82,6% dengan kategori sangat layak peilaian ahli media mendapatkan presntase 85% dengan kategori sangat layak penilaian guru mendapatkan presentase 84,37% dengan kategori sangat lanyak penilaian dalam uji coba terbatas mendapatkan presentase 83,75% dengan kategori sangat layak. Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Multirepresentasi, Android, Pengembangan iii ABSTRACK Based on the observations that have been made, it is stated that the learning resources used are in the form of books and modules. The books and modules used contain reading text material and pictures with colors that look monotonous. In addition, the low ability of students to understand concepts in physics subjects is also a problem in the learning process. So we need interactive learning resources. Learning resources that are developed need to use a multi�representation approach to combine text, images, or graphics, which are expected to be able to bridge the process of students' understanding of physics concepts. This study aims to determine the process of developing e-modules, the feasibility of e-modules, and to determine the response of educators and students to the feasibility of e-modules. This research is an R&D that adopts the development of the ADDIE Method (analysis, design, development, implementation, evaluation). The subjects of this research are students from three high schools, namely SMAN 10 Bandar Lampung, SMAN 14 Bandar Lampung, SMAN 16 Bandar Lampung with a collection instrument. data in the form of a questionnaire that was validated by material experts, media experts and high school teachers around Bandar Lampung to test the quality of the E-module, a student respondent questionnaire was conducted to determine the student's response to the E-module, the type of data produced was qualitative which was analyzed with criteria guidelines. assessment to determine the quality of the developed E-module. This study resulted in a product in the form of an E-module as a learning media based on the assessment of material experts getting a percentage of 82.6% with a very decent category, the media expert rating getting a percentage of 85% with a very decent category, the teacher's assessment getting a percentage of 84.37% with a very decent category of assessment. in a limited trial get a percentage of 83.75% with a very decent category. Key Words : Learning, Module, Multirepresentation, Android, Development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:31
Last Modified: 30 Nov 2022 06:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21887

Actions (login required)

View Item View Item