PENGARUH CYBERLOAFING TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pegawai Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Lampung)

WULANDARI, MEY SAPUTRI (2022) PENGARUH CYBERLOAFING TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pegawai Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of WULAN FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Abstrak Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cyberloafing terhadap kinerja pegawai pada pegawai dinas komunikasi informatika dan statistik provinsi lampung jungan mengetaui adanya pengaruh moderasi self control antara hubungan cyberloafing terhadap kinerja pegawai dalam perspektif ekonomi islam (studi kasus pegawai dinas komunikasi informatika dan statistik provinsi lampung). Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini karena berdasarkan hasil pra-riset yang dilakukan melalui penyebaran kuisioner kkepada 30 responden menunjukkan bahwa sebanyak 100% responden perna meengakses internet diluar jam kerja dengan alasan yang bermacam-macam, seperti : mengisi waktu luang, menghindari kebosanan, mencari alternatif bisnis, menjalin networking dengan teman atau kerabat, mengerjakan tugas kuliah / anak, mendengarkan musik, mencari ilmu baru dan shopping. Salah satu tindakan cyberloafing yang pegawai lakukan diantaranya menjawab pernah membuka sosial media,membuka e-mail pribadi, membuka situs web yang bermanfaat, membuka situs berita terkini , mencari referensi kuliner danresep makanan, menerima telepon / chat pribadi, menonton video / film, dan membuka e-commerce untuk berbelanja. Namun tindakan ini masih “kadang-kadang” dilakukan dan 18 pegawai menjawab hanya melakukan tindakan tersebut dalam kurun waktu 30 menit, 8 pegawai lainnya menjawab kurang dari satu jam dan sisanya menjawab lebih dari satu jam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpuullan data melalui penyebaran kuisisoner. Populasi pada penelitian ini adalah Pegawai Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Lampung terdapat 96 orang. Penulis mengambil jenis sampel Probability yaitu metode simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 77 orang.Selanjutnya untuk menganalisis penelliti mengguunakan skala likert dengan metode analisis SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh negatif dan signifikan pada cyberlooafing terhadap kinerja karyawan. Hasil pengujian interaksi moderasi Self Control pada hubungan Cyberloafing terhadap kinerja karyawan menunjukkan Self Control memperlemah hubungan antara Cyberloafing terhadap kinerja pegawai. Dapat disimpulkan bahwa orang yang memiliki Self Control yang tinggi mampu mengurangi tindakan yang sifatnya negatif. Kata Kunci : Cyberloafing, kinerja pegawai, Self Control

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:11
Last Modified: 30 Nov 2022 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21877

Actions (login required)

View Item View Item