TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TENTANG TRANSAKSI JUAL BELI GETAH KARET (Studi di Desa Silir Agung Kecamatan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur)

RIYAN, PANGESTU (2022) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TENTANG TRANSAKSI JUAL BELI GETAH KARET (Studi di Desa Silir Agung Kecamatan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RIYAN PANGESTU 1851040065 .pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RIYAN PANGESTU 1851040065 .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu aktivitas bisnis yang diperbolehkan dalam islam yaitu jual beli. Jual beli merupakan salah satu kebutuhan masyarakat sebagai sarana dan prasarana dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari begitu juga dengan perilaku dalam kegiatan transaksi jual beli. Setiap orang pasti melakukan yang namanya transaksi jual beli tetapi transaksi jual beli yang sesuai etika bisnis islam belum tentu semua orang melakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai transaksi jual beli yang dilakukan dan terkait transaksi jual beli ditinjau berdasarkan etika bisnis islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan jenis penelitian lapangan atau Field Research. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jumlah sampel yang di ambil yaitu 2 pembeli (agent) dan 8 petani (penjual) sehingga keseluruhan sampel 10 narasumber. Analisis data yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Untuk mendukung analisa tersebut peneliti menggunakan metode berfikir induktif. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi transaksi jual beli getah karet di Desa Silir Agung Kecamatan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur mengunakan sistem pres. Sistem pres dilakukan pembeli dengan tujuan untuk mengurangi kadar air yang ada pada getah karet dan meminimalisir terjadinya kerugian serta dalam transaksi jual beli getah karet yang terjadi masih dikenakan potongan timbangan. Transaksi jual beli getah karet di Desa Silir Agung belum sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis islam yaitu kesatuan(ketauhidan), kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab. Jadi, dalam transaksi jual beli tersebut hanya prinsip kehendak bebas saja yang sudah sesuai, hal tersebut dikarenakan masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli getah karet didasari atas suka sama suka tanpa ada unsur pemaksaan. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Transaksi Jual Beli, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:03
Last Modified: 30 Nov 2022 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21872

Actions (login required)

View Item View Item