PENGARUH ISLAMIC BRANDING DAN PRODUCT INGREDIENTS TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH (Studi Kasus Konsumen Non-Muslim Bandar Lampung)

MALIA, ANNISSA FAISAL (2022) PENGARUH ISLAMIC BRANDING DAN PRODUCT INGREDIENTS TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH (Studi Kasus Konsumen Non-Muslim Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of MALIA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh islamic branding dan product ingredients terhadap keputusan konsumen pada produk kosmetik Wardah (studi kasus konsumen non-muslim bandar Lampung. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini didasarkan pada hasil prariset dengan melalui penyebaran kuesioner ke konsumen non-muslim di Bandar Lampung, dimana para konsumen non-muslim masih beranggapan bahwa merek islam hanya sekedar merek islam biasa, produk halal belum tentu halal bagi agama mereka dan masih belum bisa dipastikan proses produksinya dilakukan secara halal atau tidak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online melalui googleformulir. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen perempuan yang beragama non-muslim dan penentuan sampel menggunakan non-probability sampling yaitu purposive sampling dengan sampel yang berjumlah 96 responden. Selanjutnya untuk menganalisis peneliti menggunakan skala likert dan metode analisis datanya menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa islamic branding dan product ingredients berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen Uji R2 menunjukkan bahwa besarnya nilai R2 keputusan konsumen adalah 0,486 yang berarti nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel Islamic Branding dan Product Ingredients berkontribusi sebesar 53,7% dan sisanya sebesar 46,3% pada variabel lainnya. Dalam perspektif islam, Merek wardah selalu memiliki konsep islami yang membuat konsumen percaya. Merek islam yang didirikan oleh wardah telah sesuai dengan ajaran islam yaitu berkomitmen dengan kejujuran. Memberikan pelayanan terbaik, tidak membeda-bedakan konsumen, konsisten dan bertanggungjawab dan bahan-bahan yang digunakan pun halal dan berkualitas baik yang tidak membahayakan para konsumen. Kata Kunci : merek islam, bahan produk, keputusan konsumen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:24
Last Modified: 30 Nov 2022 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21856

Actions (login required)

View Item View Item