ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA PAKAN UNGGAS UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi : Usaha Ternak Jangkrik Adik TJ, Kabupaten Tulang Bawang Barat)

ANGGI, ANGGRAINI (2022) ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA PAKAN UNGGAS UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi : Usaha Ternak Jangkrik Adik TJ, Kabupaten Tulang Bawang Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL Anggi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pada penelitian ini penulis membahas tentang analisis strategi bersaing usaha ternak jangkrik Adik TJ. Salah satu usaha pakan unggas dan umpan memancing di Kabupaten Tulang Bawang Barat.. oleh karena itu, usaha ternak Adik TJ perlu menciptakan strategi bersaing sedemikian rupa untuk menduduki pangsa pasar agar dapat bertahan dan mampu bersaing dengan para kompetitor, namun segala strategi yang diciptakan harus sesuai dengan syariat ekonomi Islam yang mengambil konsep keteladanan sifat Rasulullah SAW, yaitu sifat shiddiq, amanah, fathanah, tabligh, dan istiqamah.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis strategi bersaing Usaha Ternak Jangkrik Adik TJ dan untuk mengetahui bagaimana menurut perspektif ekonomi Islam mengenai analisis strategi bersaing Usaha Ternak Jangkrik Adik TJ. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif .Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu obeservasi, wawancara , dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan tahapan analisis SWOT, lalu pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui uji kredebilitas dan uji depenbilitas. Hasil Penelitian menunjukan perhitungan IFAS didapatkan hasil kondisi internal yaitu kekuatan (strengths) dan kelemahan (weakness) dengan nilai total skor tabel IFAS sebesar 3,51. Sedangkan hasil perhitungan EFAS didapatkan hasil kondisi eksternal yaitu peluang (opportunity) dan ancaman (threats) dengan nilai total skor EFAS 3,85. Menunjukan bahwa Usaha Ternak Jangkrik Adik TJ berada pada posisi kuadran I (positif). Strategi usaha dalam perspektif Islam pada Usaha Ternak Jangkrik Adik TJ yaitu strategi berlandaskan pada prinsip Shiddiq, Amanah,Tabligh, Fathanah dan Istiqamah. Kata Kunci : Strategi Bersaing, Volume Penjualan, Analisis SWOT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:18
Last Modified: 30 Nov 2022 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21852

Actions (login required)

View Item View Item