PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DI SEKTOR EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Roti Bakar Bahagia Kota Bandar Lampung )

IRENE, NOVIYANTIKA (2022) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DI SEKTOR EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Roti Bakar Bahagia Kota Bandar Lampung ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI IRENE NOVIYANTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pada masa pandemi Covid-19, segala aktivitas dibatasi. Menurut Bank Dunia, dampak ekonomi dari Covid-19 ini akan menghentikan usaha hampir 24 juta orang di Asia Timur dan Pasifik. Di bawah skenario terburuknya, Bank Dunia juga memperkirakan hampir 35 juta orang akan tetap dalam kemiskinan. Salah satu diantara para wirausahawan yang berusaha terus mengambangkan usaha yang dilakukan ditengah pandemik Covid-19 adalah Roti Bakar Bahagia di Kota Bandar Lampung. Omset penjualan pada Roti Bakar Bahagia selama pandemik Covid-19 terus mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan minat beli yang menurun dari pada konsumen, sehingga hal tersebut apabila terus menerus terjadi, akan mengakibatkan penurunan pendapatan Roti Bakar Bahagia. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk meningkatkan volume penjualan dengan menggunakan strategi pemasaran yang baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer diperoleh dari wawancara dengan pemilik usaha dan data sekunder yang diperoleh strateri pemasaran dan volume penjualan. Responden dalam penelitian ini adalah Pemilik Roti Bakar Bahagia Kota Bandar Lampung dan Konsumen Roti Bakar Bahagia yang berjumlah 30 konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumentasi, Wawancara dan Angket. Untuk menganalisa data, metode yang digunakan adalah metode induktif, deduktif dan komparatif. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan strategi pemasaran sektor ekonomi kreatif yang dilakukan Roti Bakar bahagia yaitu product, price, place, dan promotion. Produk yaitu berupa Roti Bakar dengan Varian yang beragam dan Minuman Kekinian. Harga yang cukup terjangkau dan memiliki berbagai macam harga dan terjangkau. Distribusi Roti Bakar Bahagia mendistribusikannya melaui gerai yang tersedia di dua lokasi dan masih terbatas pada Kota Bandar Lampung saja yaitu Kecamatan Rajabasa dan Sukarame. Strategi pemasaran sektor ekonomi kreatif dalam meningkatkan volume penjulan pada Roti Bakar Bahagia dalam segi produk masih berfokus pada varian roti. Menurut Perspektif Ekonomi Islam implementasi strategi pemasaran Roti Bakar Bahagia sudah sesuai dengan pemasaran Islam Sebagia besar konsep pemasaran Islam telah sesuai yaitu dari segi produk selalu besikap jujur, segi harga menetapakan harga sesuai dengan kualitas produk, dari tempat/saluran distribusi yaitu iii memberikan rasa nyaman dan akses yang mudah dijangkau oleh para konsumen, dan dari segi promosi selalu menekankan pada etika dalam bisnis, tidak melakukan curang, tidak menjual produk yang diharamkan oleh agama, tidak pernah memaksa konsumen untuk membeli produknya, tidak menjelekkan bisnis orang lain dalam memasarkan produknya. Kata Kunci : Strategi Pemasaran Sektor Ekonomi Kreatif, Volume Penjualan iv ABSTRACT During the Covid-19 pandemic, all activities are limited. According to the World Bank, the economic impact of Covid-19 will stop the businesses of nearly 24 million people in East Asia and the Pacific. Under the worst case scenario, the World Bank also estimates that nearly 35 million people will remain in poverty. One of the entrepreneurs who are trying to continue to develop their business in the midst of the Covid-19 pandemic is Roti Bakar Bahagia in Bandar Lampung City. Sales turnover at Happy Toast during the Covid-19 pandemic continues to decline. This is due to decreased buying interest from consumers, so that if it continues, it will result in a decrease in the income of Happy Toast Bread. This is a challenge in itself to increase sales volume by using a good marketing strategy. This study uses a qualitative method. Sources of data in this study are primary data obtained from interviews with business owners and secondary data obtained from marketing strategies and sales volume. Respondents in this study were the Owners of Happy Toast in Bandar Lampung City and the Consumers of Happy Toast which amounted to 30 consumers. Data collection methods used are Documentation, Interviews and Questionnaires. To analyze the data, the methods used are inductive, deductive and comparative methods. Based on the results of the research, the application of the marketing strategy of the creative economy sector by Roti Bakar Bahagia is product, price, place, and promotion. The product is in the form of toast with various variants and contemporary drinks. The prices are quite affordable and have a variety of prices and are affordable. The distribution of Roti Bakar Bahagia distributes it through outlets that are available in two locations and is still limited to Bandar Lampung City, namely Rajabasa and Sukarame Districts. The marketing strategy of the creative economy sector in increasing the sales volume on Roti Bakar Bahagia in terms of products still focuses on bread variants. According to the Islamic Economic Perspective, the implementation of the marketing strategy of Roti Bakar Bahagia is in accordance with Islamic marketing. Most of the Islamic marketing concepts are appropriate, namely in terms of products, always being honest, in terms of price, setting prices according to product quality, from the place / distribution channel, namely providing a sense of comfort and access. which is easily accessible to consumers, and in terms of promotion always v emphasizes ethics in business, does not cheat, does not sell products that are forbidden by religion, never forces consumers to buy their products, does not vilify other people's businesses in marketing their products. Keywords: Creative Economy Sector Marketing Strategy, Sales Volume

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:39
Last Modified: 21 Nov 2022 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21747

Actions (login required)

View Item View Item