PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING TEHADAP EKUITAS MEREK DENGAN ONLINE EXPERIENTIAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada konsumen toko busana Cordy Bandar Lampung)

FITRI, DESTIANA (2022) PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING TEHADAP EKUITAS MEREK DENGAN ONLINE EXPERIENTIAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada konsumen toko busana Cordy Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi FITRI DESTIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sosial Media Marketing terhadap Ekuitas Merek pada Konsumen Toko Busana Cordy Bandar Lampung jungan mengetaui adanya pengaruh Mediasi Experiential Online antara hubungan Sosial Media Marketing dan Ekuitas Merek (studi kasus pada Konsumen Toko Busana Cordy Bandar Lampung). Adapun yang melatar belakangi penelitian ini karena berdasarkan hasil pra-riset yang dilakukan melalui penyebaran kuisioner kepada 27 responden menunjukkan bahwa sebanyak 88.8% responden sangat tertarik terhadap promosi yang dilakukan oleh toko busana Cordy Bandar Lampung. Dan dari 94% jawaban responden bingung ketika tidak mememiliki pengalam berbelanja online terhadap suatu toko, dan 44,4% responden tidak akan berpindah ke toko yang lain walaupun memiliki diskon/promosi yang menarik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpuullan data melalui penyebaran kuisisoner. Populasi pada penelitian ini adalalah Konsumen Toko Busana Cordy Bandar Lampung. Penulis mengambil jenis sampel Probability yaitu metode simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Selanjutnya untuk menganalisis penelliti mengguunakan skala likert dengan metode yang digunakan yang digunakan adalah pendeketan Partial Least Square (PLS). Dengan menggunakan Uji Validity, reabilitas, Uji Hipotesis, Uji Koefisien Determinasi, dan Uji Hasil Efek Tidak Langsung. Hasil penelitian uji T-test menunjukan bahwa Sosial Media Marketing dan Experiential Online berpengaruh dan signifikan terhadap Ekuitas Merek. Uji dari R 2 menunjukkan bahwa besarnya nilai R 2 Experiential Online adalah 0.634 dan Ekuitas Merek adalah 0.696. Nilai tersebut menunjukan bahwa variabel Experiential Online dan Ekuitas Merek, dukungan Sosial Media Marketing berpengaruh terhadap Experiential Online sebesar 0.634%, dan Ekuitas Merek sebesar 0.696%. Sehingga berdasarkan keempat langkah yang dilakukan untuk menguji mediasi dengan kausal step maka dapat disimpulkan bahwa Experiential Online memediasi hubungan Sosial Media Marketing terhadap Ekuitas Merek yang positif dan signifikan terhadap Ekuitas Merek secara partial mediation atau terjadi mediasi, dimana variabel Sosial Media Marketing dapat mempengaruhi langsung variabel Ekuitas Merek ataupun tidak langsung serta melibatkan variabel mediasi Experiential Online atau dapat dikatakan bahwa Experiential Online memediasi hubungan Sosial Media Marketing dan Ekuitas Merek Kata Kunci : Ekuitas Merek, Experiential Online dan Sosial Media Marketing iv Abstrac This study aims to determine the effect of Social Media Marketing on Brand Equity on Consumers of Cordy Clothing Stores in Bandar Lampung. As for the background of this research because based on the results of pre-research conducted by distributing questionnaires to 27 respondents, it shows that as many as 88.8% of respondents are very interested in the promotions carried out by the Cordy Bandar Lampung fashion store. And 94% of respondents' answers are confused when they do not have online shopping experience at a store, and 44.4% of respondents will not move to another store even though they have attractive discounts/promotions. This study uses descriptive quantitative methods with data collection techniques through questionnaires. The population in this study is the consumer of Cordy Clothing Store Bandar Lampung. The author takes the type of Probability sample, namely the simple random sampling method with a sample of 100 people. Furthermore, to analyze the researchers using a Likert scale, the method used is the Partial Least Square (PLS) approach. By using Validity Test, Reliability, Hypothesis Testing, Coefficient of Determination Test, and Indirect Effect Result Test. The results of the T-test showed that Social Media Marketing and Experiential Online had a significant and significant effect on Brand Equity. Test of R2 shows that the value of R2 Experiential Online is 0.634 and Brand Equity is 0.696. This value shows that the variables of Experiential Online and Brand Equity, Social Media Marketing support has an effect on Experiential Online by 0.634%, and Brand Equity by 0.696%. So based on the four steps taken to test mediation with a causal step, it can be concluded that Experiential Online mediates the positive and significant relationship of Social Media Marketing to Brand Equity which is positive and significant to Brand Equity partially mediation or mediation occurs, where the Social Media Marketing variable can directly affect the Equity variable. Brands or indirectly and involves Experiential Online mediating variables or it can be said that Experiential Online mediates the relationship of Social Media Marketing and Brand Equity Keywords: Brand Equity, Online Experiential and Social Media Marketing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:49
Last Modified: 10 Nov 2022 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21672

Actions (login required)

View Item View Item