PENGARUH LABELISASI HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAKANAN CEPAT SAJI BFC DI SUKARAME MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Rahmat, Romdoni (2022) PENGARUH LABELISASI HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAKANAN CEPAT SAJI BFC DI SUKARAME MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAHMAT ROMDONI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kebutuhan pangan adalah kebutuhan yang perkembangannya paling pesat diantara kebutuhan lainnya. Seiring dengan majunya perkembangan industri pangan yang terjadi, perindustrian di Indonesia juga harus mampu menjawab semua tantangan dalam menjangkau perubahan yang terjadi disekitarnya. Hal ini berlaku untuk seluruh sub sektor industri termasuk industri makanan yang ada di Indonesia itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh labelisasi halal dan harga terhadap keputusan pembelian yang diuji secara parsial, simultan dan perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan apa-apa yang sedang berlaku, di dalamnya terdapat upaya mendeskripsikan, mencatat, analisis, dan menginterprestasikan kondisi-kondisi yang sekarang ini terjadi atau ada. Berdasarkan hasil uji satistik secara parsial menunjukan bahwa terjadi hubungan positif antara variabel labelisasi halal dan harga terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefesien regresi tertinggi terletak pada variabel kualitas pelayanan dengan nilai 2.840 dan nilai koefisien regresi terendah terdapat pada variabel persepsi harga yaitu 1.987. Berdasarkan hasil uji analisis, penelitian ini juga diuji dengan menggunakan uji simultan (F) ini untuk menunjukkan bahwa nilai F�hitung sebesar 14.105 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,005. Islam adalah agama yang komprehensif yang mencakup semua aspek kehidupan, mengatur semua perilaku manusia.Bahkan tidak ada satupun sistem sosial tradisional dan modern yang telah menetapkan standar moral bagi manusia dan mengatur semua aspek kehidupan manusia sampai persoalan detail selain islam, termasuk dalam hal ini konsumsi. Selain itu peneliti menyimpulkan bahwa makanan cepat saji yang dikeluarkan oleh BFC yang ada di Sukarame sudah menjalankan ajaran dan amanah orang Islam dengan memasarkan makanan yang halal. Oleh karena itu, labelisasi halal juga sangat dianjurkan bagi produk dan merk lain agar tingkat kehalalan dalam produksi makanan dapat ditingkatkan sebagaimana mestinya. Kata Kunci: Labelisasi Halal, Harga, Keputusan Pembelian, dan Perspektif Ekonomi Islam ABSTRACT The need for food is a need that is developing the most rapidly among other needs. Along with the advancement of the development of the food industry, the industry in Indonesia must also be able to answer all the challenges in reaching the changes that occur around it. This applies to all industrial sub-sectors including the food industry in Indonesia itself. The purpose of this study was to determine the effect of halal labeling and price on purchasing decisions which were tested partially, simultaneously and from an Islamic economic perspective. This type of research uses quantitative data. This research is descriptive quantitative which aims to describe what is currently happening, in which there are attempts to describe, record, analyze, and interpret the conditions that are currently happening or exist. Based on the results of the partial statistical test, it shows that there is a positive relationship between the halal labeling variable and price on purchasing decisions with the highest regression coefficient value being in the service quality variable with a value of 2.840 and the lowest regression coefficient value being the price perception variable, namely 1.987. Based on the analysis test results, this study was also tested using the simultaneous test (F) to show that the F�count value was 14,105 with a significance of 0.000 < 0.005. Islam is a comprehensive religion that covers all aspects of life, regulates all human behavior. There is not even a single traditional and modern social system that has set moral standards for humans and regulates all aspects of human life to details other than Islam, including in this case consumption. In addition, the researcher concludes that the fast food issued by the BFC in Sukarame has carried out the teachings and mandate of Muslims by marketing halal food. Therefore, halal labeling is also highly recommended for other products and brands so that the level of halalness in food production can be increased accordingly. Keywords: Halal Labeling, Price, Purchase Decision, and Islamic Economic Perspective

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:39
Last Modified: 31 Oct 2022 04:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21595

Actions (login required)

View Item View Item