PENGARUH ETOS KERJA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pekerja Wanita di Desa Tulung Balak Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur)

MARLINDA, MARLINDA (2022) PENGARUH ETOS KERJA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pekerja Wanita di Desa Tulung Balak Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI MARLINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Untuk dapat mencapai aktivitas atau tujuan dinamis guna memennuhi kebutuhan tertentu (rohani dan jasmani), para pekerja wanita harus dapat memperhatikan pola kerja yang dilakukannya. Pekerja Wanita yang dapat menghasilkan kinerja yang tinggi adalah pekerja wanita yang dibutuhkan oleh banyak bidang pekerjaan. Peran yang sangat vital dalam mewujudkan prestasi kinerja para pekerja wanita adalah dirinya sendiri. Bagaimana dia memiliki semangat dan etos kerja yang tinggi untuk dapat memberikan pengaruh positif pada lingkungannya. Seperti teori dari Toto Tasmara bahwa etos kerja yang tinggi akan memengaruhi kinerja (hasil kerja). Suatu pandangan dan sikap terhadap kerja dikenal dengan istilah etos kerja. Pendapatan adalah nilai maksimum yang dapat dikonsumsi seseorang dalam suatu periode dengan mengharapkan keadaan yang sama seperti pada akhir keadaan semula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Etos Kerja Terhadap Peningkatan Pendapatan Keluarga Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pekerja wanita Di Desa Tulung Balak Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur). Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Sampel pada penelitian ini berjumlah 77 responden yaitu Pekerja Wanita di Desa Tulung Balak dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji prasyarat yang menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Proses analisis data menggunakan analisis regresi lenier sederhana dengan alat pengolahan data SPSS 20. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa secara parsial etos kerja memiliki keterkaitan dan pengaruh terhadap pendapatan keluarga Pekerja wanita di Desa Tulung Balak. Karena dengan etos kerja yang tinggi seperti kedisiplinan, tanggung jawab serta kejujuran dan kerja keras pantang menyerah yang selalu diterapkan para pekerja tersebut dapat menjadikan pekerjaan yang dikerjakannya berjalan dengan baik dan lancar sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan. Sehingga etos kerja dalam meningkatkan pendapatan keluarganya sangat penting dipertahankan dan diterapkan dengan baik untuk menjadikan pekerjaan yang ditekuni berhasil. Berdasarkan perspektif ekonomi Islam bahwasanya Islam memperbolehkan perempuan atau istri untuk membantu mencari nafkah keluarganya selama hal tersebut tidak keluar dari norma-norma keimanan dan tidak terbawa oleh akidah atau keyakinan suami atau nenek moyang yang sesat. Walaupun hukum Islam membolehkan perempuan bekerja di luar rumah, hal ini tidak boleh dianggap sepele oleh para perempuan. Para perempuan yang memutuskan untuk bekerja di luar rumah harus memenuhi syarat-syarat berupa izin dari suami atau ridho dari suami. Kata kunci: Pekerja Wanita, Etos Kerja dan Pendapatan Keluarga

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:27
Last Modified: 31 Oct 2022 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21587

Actions (login required)

View Item View Item