PENGARUH DIGITAL INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SCARLET YANG DIMEDIASI WORD OF MOUTH (WOM) DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi pada Konsumen Produk Scarlet di Lampung)

Diah, Utami (2022) PENGARUH DIGITAL INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SCARLET YANG DIMEDIASI WORD OF MOUTH (WOM) DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi pada Konsumen Produk Scarlet di Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIAH UTAMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Digital influencer merupakan sebuah fenomena dalam promosi produk di industri media digital. Digital influencer adalah kemampuan dalam mempengaruhi, merubah opini, dan perilaku secara online yang umumnya melalui social networking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari digital influencer terhadap keputusan pembelian scarlet yang dimediasi word of mouth (WOM) dalam perspektif islam (studi kasus pada konsumen produk scarlet di lampung). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner (angket) yang menggunakan skala likert. Sampel dari penelitian berjumlah berjumlah 91 responden. Teknik analisis yaitu menggunakan uji parsial T (tes), analisis regresi linier ganda, uji koefisien determasi ( ), dan pengujian mediasi. Hasil uji T-test menunjukan bahwa digital influencer dan word of mouth berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa digital influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, digital influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth, word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, word of mouth memediasi hubungan digital influencer terhadap keputusan pembelian, serta proses promosi dalam memanfaatkan digital influencer dan word sebagai mediasi diperbolehkan dilakukan untuk menawarkan, menginformasikan, menjual produk ataupun jasa dengan ketentuan ketika promosi dilakukan harus sesuai dan tidak diperbolehkan melakukan penipuan atau kebohongan yang tidak sesuai dengan prinsip Al-Qur’an dan hadist. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa digital influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara partial mediation. Kata Kunci : Digital Influencer, Word of Mouth, Keputusan Pembelian ABSTARCT Digital influencers are a phenomenon in product promotion in the digital media industry. Digital influencer is the ability to influence, change opinions and behavior online, generally through social networking. This study aims to determine how much influence digital influencers have on purchasing decisions mediated by word of mouth (WOM) scarlet in an Islamic perspective (a case study on consumers of scarlet products in Lampung). This type of research is a quantitative research. The data collection technique in this study was in the form of a questionnaire (questionnaire) using a Likert scale. The sample of the study amounted to 91 respondents. The analysis technique is using the partial T test (test), multiple linear regression analysis, the coefficient of determination test ( ), and mediation testing. The results of the T�test show that digital influencers and word of mouth have an effect and are significant on purchasing decisions. Based on the results of the research conducted, the results obtained that digital influencers have a positive and significant effect on purchasing decisions, digital influencers have a positive and significant effect on word of mouth, word of mouth has a positive and significant effect on purchasing decisions, word of mouth mediates the relationship of digital influencers on purchasing decisions. , and the promotion process in utilizing digital influencers and word as mediation is allowed to offer, inform, sell products or services provided that when the promotion is carried out it must be appropriate and it is not allowed to commit fraud or lies that are not in accordance with the principles of the Qur'an and hadith. Thus, it can be concluded that digital influencers have a positive and significant effect on purchasing decisions by partial mediation. Keywords: Digital Influencer, Word of Mouth, Purchase Decision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:15
Last Modified: 31 Oct 2022 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21582

Actions (login required)

View Item View Item