PENGARUH TINGKAT MARGIN, BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT NASABAH PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BMT As-Syafi’iyah Berkah Nasional KC Sendang Agung)

Novalia, Sagita (2022) PENGARUH TINGKAT MARGIN, BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT NASABAH PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BMT As-Syafi’iyah Berkah Nasional KC Sendang Agung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL NOVALIA SAGITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Produk pembiayaan murabahah pada BMT As-syafiiyah Berkah Nasional Sendang Agung mengalami penurunan dalam segi nominal dan jumlah anggota dari tahun 2017-2020. Pada tahun 2021, pembiayaan Murabahah pada BMT As-syafi’iyah BN Sendang Agung mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh tingkat margin, bauran pemasaran dan kualitas pelayanan secara simultan dan parsial terhadap minat nasabah pembiayaan murabahah pada BMT As-syafi’iyah BN KC Sendang Agung, dan bagaimana tingkat margin, bauran pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah dalam perspektif ekonomi islam. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh tingkat margin, bauran pemasaran dan kualitas pelayanan secara simultan dan parsial terhadap minat nasabah pada pembiayaan murabahah di BMT As-syafi’iyah BN KC Sendang Agung dan untuk mengetahui tingkat margin, bauran pemasaran dan kualitas pelayananterhadap minat nasabah dalam perspektif ekonomi islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan sifat penelitian filsafat positivism. Tehnik pengambilan sampel ialah menggunakan Random sampling populasi 190 nasabah dan sampelnya 65 nasabah pembiayaan murabahah di BMT As�syafi’iyah. Hasil penelitian ini tingkat margin, Bauran Pemasaran dan Kualitas pelayanan secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap minat nasabah pada pembiayaan murabahah. Dalam perspektif ekonomi islam tingkat margin, bauran pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah pada pembiayaan murabahah adalah halal dan terhindar dari transaksi yang di larang menurut syariah yaitu jual beli atau transaksi yang mengandung riba, gharar, maysir, tadlis, risywah, israf dan transaksi atas objek yang haram. Minat nasabah dipengaruhi oleh bagaimana pandangan islam nasabah dalam pembiayaan murabahah. Kata Kunci: Tingkat Margin, Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan dan Minat Nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:51
Last Modified: 31 Oct 2022 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21576

Actions (login required)

View Item View Item