ANALISIS ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA PETANI KOPI SEKINCAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Empiris Koperasi Usaha Petani Kopi Agro Panca Bhakti, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat)

AGUS, SUWANTORO (2022) ANALISIS ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA PETANI KOPI SEKINCAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Empiris Koperasi Usaha Petani Kopi Agro Panca Bhakti, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I II V.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen merupakan suatu ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling) Manajemen kurikulum merupakan suatu kegiatan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Manajemen Pemasaran Usaha Petani Kopi Sekincau Kabupaten Lampung Barat Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif, yang menekankan pada kualitas atau mutu suatu penelitian, yang mengacu pada teori.Desain penelitian bersifat deskriftif kualitatif maka fokus penelitian bertujuan pada Manajemen Pemasaran Usaha Petani Kopi Sekincau Kabupaten Lampung Barat, dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan cara Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian, ditemukan bahwa perkembangan usaha kopi agro panca bhakti tidak terlepas dari orientasi kewirausahaan dari para pengelola.Inovasi merupakan sesuatu yang harus digali terus menerus untuk dapat meningkatkan pertumbuhan usaha koperasi kopi agro panca bhakti.Produk kopi yang dipasarkan terus dikembangkan dengan upaya menginovasi varian-varian jenis rasa. Varian jenis kopi yang dimiliki oleh koperasi kopi agro panca bhakti saat ini adalah sebanyak 5 varian rasa, seperti wini process, full washed process, peaberry, natural roast bean medium, natural roast bean premium. Dengan varian rasa yang dimiliki dapat menarik minat calon konsumen untuk melakukan pembelian di usaha kopi agro panca bhakti dibanding dengan usaha kopi lain yang sejenis. Orientasi kewirausahaan yang dimiliki pengelola koperasi agro panca bhakti dalam membuka usaha dengan banyak jenis penjualan didalamnya merupakan suatu tindakan upaya mencari peluang. Analisa yang baik dari pengelola koperasi agro panca bhakti dengan melihat mayoritas profesi diwilayah sekincau yaitu sebagai petani, dapat memunculkan ide untuk menjual alat-alat pertanian yang sasaran pemasarannya merupakan petani didaerah Lampung Barat adalah suatu keputusan yang tepat, dilihat dari kinerja pemasaran yang kian mengalami peningkatan. Pada produk sembako merupakan upaya mencari peluang melalui pemberdayaan petani dengan cara membeli hasil tani di Kecamatan Sekincau Lampung Barat, lalu memasarkan produk sembako tersebut dalam usaha yang dibuat oleh koperasi agro panca bhakti. Kata Kunci : Analisis, Orientasi dan Kewirausahaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:23
Last Modified: 31 Oct 2022 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21565

Actions (login required)

View Item View Item