HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS XI DI MASA PANDEMI PADA MATERI TERMODINAMIKA

METI, ISMALIA (2022) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS XI DI MASA PANDEMI PADA MATERI TERMODINAMIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1-2, DAPUS.pdf] PDF
Download (17MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian mengenai Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Self Efficacy Peserta Didik kelas XI di Masa Pandemi Pada Materi Termodinamika yang bertujuan untuk menganalisis tingkat Kemampuan Berpikir Kritis dengan Self Efficacy peserta didik kelas XI di SMA Muhammadiyah Kotaagung pada materi Termodinamika dan mencari signifikansi hubungan antara kedua variabel. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Metode kuantitatif korelasional dalam penelitian ini digunakan untuk menggambarkan hubungan dan tingkat kemampuan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik dengan gambaran berupa ukuran, jumlah atau frekuensi. Metode penelitian korelasi adalah suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan apakah ada hubungan antara dua variabel atau lebih. Penilitian ini melibatkan 40 peserta didik di SMA Muhammadiyah Kotaagung. Uji korelasi yang digunakan adalah uji korelasi pearson yang dioprasikan menggunakan IBM SPSS Statistic 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap self efficacy peserta didik di masa pandemi dengan angka korelasi mencapai 0,874 dengan kriteria yang tinggi, dan angka signifikansi thitung mencapai 11,068 yang menunjukan angka thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,02619. Kata kunci: Berpikir Kritis, Self Efficacy iii ABSTRACT Research has been carried out on the Relationship between Critical Thinking Ability and Self Efficacy in the Pandemic Period on Thermodynamics material which aims to analyze the level of Critical Thinking Ability and Self Efficacy of class XI students at SMA Muhammadiyah Kotaagung on Thermodynamics material and look for the significance of the relationship between the two variables. This research is a correlational quantitative research. The correlational quantitative method in this study was used to describe the relationship and level of critical thinking ability and self-efficacy of students with a description in the form of size, number or frequency. Correlation research method is a research that involves collecting data to determine whether there is a relationship between two or more variables, in this study, correlation is used to find the relationship between critical thinking skills and participants' self-efficacy. This research involved 40 students at SMA Muhammadiyah Kotaagung. The correlation test used was the Pearson correlation test which was operated using IBM SPSS Statistic 22. The results of the study show that critical thinking skills have a positive and significant relationship to the self efficacy of students during the pandemic with a correlation number of 0.874 with high criteria, and a significance number of tcount reaching 11,068 which shows that tcount is greater than ttable, which is 2,02619. Keywords: Critical Thinking, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Oct 2022 04:03
Last Modified: 28 Oct 2022 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21542

Actions (login required)

View Item View Item