PENGARUH REPUTASI, KUALITAS INFORMASI, DAN E-WOM TERHADAP MINAT BELI PADA SITUS JUAL BELI TIKET ONLINE TRAVELOKA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pada Konsumen Tiket Online Di Bandar Lampung)

Syifa, Helmi (2022) PENGARUH REPUTASI, KUALITAS INFORMASI, DAN E-WOM TERHADAP MINAT BELI PADA SITUS JUAL BELI TIKET ONLINE TRAVELOKA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pada Konsumen Tiket Online Di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SYIFA HELMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Reputasi adalah suatu gambaran yang ada di dalam benak seseorang. Kualitas informasi adalah suatu pengukuran yang berfokus pada keluaran yang diproduksi oleh sistem, serta nilai dari keluaran bagi pengguna. Pemasaran dari mulut ke mulut adalah komunikasi lisan, tertulis dan elektronik antar masyarakat yang berhubungan dengan keunggulan atau pengalaman membeli atau menggunakan produk atau jasa. Minat beli merupakan perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukan keinginan konsumen untuk melakukan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuan�titatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara menye�barkan kuesioner secara online melalui google form kepada konsumen tiket online Traveloka di Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 96 orang dengan menggunakan rumus slovin, diambil dengan cara nonprobability sampling dengan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan diolah menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel reputasi (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli tiket online Traveloka konsumen di Bandar Lampung, variabel kualitas informasi (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli tiket online Traveloka konsumen di Bandar Lampung, dan variabel E-WOM (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli tiket online Traveloka konsumen di Bandar Lampung. Dalam perspektif Islam, di bolehkan jika minat beli pada situs jual beli tiket online Traveloka tersebut direalisasikan sesuai dengan rukun dan syarat jual beli. Tanpa bertentangan dengan syariat Islam seperti barang yang di transaksi harus jelas dan halal juga dapat memiliki manfaat bagi pembeli dan memberikan keuntungan bagi penjual. Kata Kunci: Reputasi, Kualitas Informasi, E-WOM, Minat Beli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:59
Last Modified: 27 Oct 2022 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21516

Actions (login required)

View Item View Item