PENGARUH JOB INSECURITY DAN BEBAN KERJA TERHADAP STRESS KERJA KARYAWAN PADA PEKERJA SEKTOR INFORMAL USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM” (Studi kasus UMKM di Pekon Dadapan)

NIRA, DIAN KINANTI (2022) PENGARUH JOB INSECURITY DAN BEBAN KERJA TERHADAP STRESS KERJA KARYAWAN PADA PEKERJA SEKTOR INFORMAL USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM” (Studi kasus UMKM di Pekon Dadapan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of NIRA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Sektor informal memiliki peranan penting karena kemampuannya dalam menyerap banyak tenaga dan merupakan salah satu elemen pertumbuhan perekonomian. Istilah sektor informal sebagai sejumlah kegiatan ekonomi yang bersekala kecil salah satunya yaitu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Usaha Mikro kecil dan Menangah atau UMKM yang memiliki daya saing tinggi akan mampu menopang perekonomian suatu Negara. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan karyawan yang dituntut agar selalu meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan serta manajemen sumber daya insani yang dikelola secara tepat. Sehingga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh job insecurity dan beban kerja terhadap stress kerja karyawan pada pekerja sektor informal dalam perspektif Ekonomi Islam studi kasus pada Usaha Mikro Kecil dan Menangah di Pekon Dadapan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan yang bekerja di UMKM pekon Dadapan, kabupaten Tanggamus. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang mana data tersebut diperoleh melalui bantuan instrumen penelitian berupa kuesioner. Kuesioner tersebut dibagikan kepada 77 orang responden dengan teknik pengambilan data sampel menggunakan teknik Probability Sampling. Hasil penelitian dapat dilihat dari signifikansi job insecurity 0,000 < 0,005 dan dapat juga dilihat dari thitung sebesar 9,904 > 1,664 job insecurity berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Stress Kerja Karyawa. Hal ini dilihat dari signifkasi Beban kerja sebesar 0,001 < 0,005 dan juga dilihat dari thitung sebesar 2,849 > 1,664. Hasil penelitian dalam perspektif islam dari masing-masing variabel adalah sebesar 62% untuk job insecurity termasuk dalam kategori sedang, 76% untuk variabel Beban kerja termasuk dalam kategori Tinggi. Kata kunci : Job Insecurity, Beban Kerja, Stress Kerja Karyawan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:31
Last Modified: 27 Oct 2022 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21503

Actions (login required)

View Item View Item