PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DENGAN NARSISME SEBAGAI VARIABEL MODERASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Kasus Penggunaan Shopee pada Mahasiswa di Universitas Se- Bandar Lampung)

SIKRIL, MAYYUDIANSAH (2022) PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DENGAN NARSISME SEBAGAI VARIABEL MODERASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Kasus Penggunaan Shopee pada Mahasiswa di Universitas Se- Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SIKRIL MAYYUDIANSAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi di Indonesia memaksa masyarakat untuk mengurangi kegiatan diluar rumah, sehingga menyebabkan penurunan ekonomi. Namun berbeda halnya dengan marketplace yang mengalami peningkatan hampir dua kali lipat. Ini merupakan akibat dari pandemi yang membuat masyarakat memilih berbelanja online untuk kebutuhan termasuk fashion. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian ? Apakah narsisme memoderasi hubungan antara word of mouth terhadap keputusan pembelian ? Dan bagaimana perspektif bisnis islam dalam memandang keputusan pembelian dengan narsisme? Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian produk fashion di shopee dengan narsisme sebagai variabel moderasi dalam perspektif bisnis islam. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan analisi data bersifat kuantitatif atau statistik. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna shopee pada Mahasiswa di Universitas se-Bandar Lampung dengan sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil data yang diperoleh dari pengguna shopee pada Mahasiswa di Universitas se-Bandar Lampung bahwa variabel word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian maka hipotesis pertama didukung. Hasil uji moderasi narsisme pada hubungan word of mouth terhadap keputusan pembelian menghasilkan nilai original sampel negatif dan p-value bernilai signifikan, yang artinya narsisme memperlemah hubungan word of mouth terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan bahwa variabel word of mouth dan narsisme mampu menjelaskan variabilitas sebesar 74,5% terhadap keputusan pembelian, dan sisanya sebesar 24,5% diterangkan oleh variabel lainnya diluar yang diteliti dalam penelitian ini. Semua yang ada di bumi ini diciptakan untuk kepentingan manusia, namun manusia diperintahan untuk mengonsumsi barang/jasa yang halal dan baik saja secara wajar, tidak berlebihan. Pemenuhan kebutuhan ataupun keing inan tetap dibolehkan selama hal itu mampu menambah mashlahah atau tidak mendatangkan mudharat. Kata Kunci : Word of mouth, Keputusan Pembelian, Narsisme. iv ABSTRACT The pandemic in Indonesia has forced people to reduce activities outside the home, causing an economic downturn. However, it is different from the marketplace, which has almost doubled. This is a result of the pandemic that has made people choose to shop online for their needs, including fashion. The formulation of the problem in this study is whether word of mouth has an effect on purchasing decisions. Does narcissism moderate the relationship between word of mouth and purchasing decisions? And what is the perspective of Islamic business in viewing purchasing decisions with narcissism? So this study aims to determine how much influence word of mouth has on purchasing decisions for fashion products at a store with narcissism as a moderating variable from an Islamic business perspective. The method used is quantitative, and the data analysis is quantitative or statistical. The sampling method in this study used a purposive sampling method. The population in this study were shopee users at students' universities throughout Bandar Lampung with a sample of 100 respondents. Data collection techniques using a questionnaire The results of the data obtained from shopee users at the University of Bandar Lampung show that the word of mouth variable has a positive and significant effect on purchasing decisions. The first hypothesis is supported. The results of the narcissism moderation test on the relationship between word of mouth and purchasing decisions resulted in a negative original sample value and a significant p-value, which means that narcissism weakens the relationship between word of mouth and purchasing decisions. The results of the coefficient of determination test show that the variables word of mouth and narcissism are able to explain the variability of 74.5% of purchasing decisions, and the remaining 24.5% is explained by other variables outside those studied in this study. Everything on this earth was created for the benefit of humans, but humans are ordered to consume halal and good goods and services fairly, not excessively. Fulfillment of needs or desires is still permissible as long as it is able to increase maslahah or does not cause harm. Keywords: Word of mouth, Purchase Decision, Narcissism.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:06
Last Modified: 27 Oct 2022 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21499

Actions (login required)

View Item View Item