PENGARUH INFLUENCER MARKETING PRODUK ELEKTRONIK PADA PLATFORM YOUTUBE TERHADAP COSTUMER PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung)

NURJANAH, Mukhlasin (2022) PENGARUH INFLUENCER MARKETING PRODUK ELEKTRONIK PADA PLATFORM YOUTUBE TERHADAP COSTUMER PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURJANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Teknologi dan dunia industri merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan pada masa sekarang ini.Jika pada masa sebelumnya peran teknologi yang begitu dominan hanya terdapat pada sektor produksi, saat ini seluruh sektor industri telah memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan dan mengefisiensikan proses-proses yang berlangsung didalamnya. Saat ini teknologi telah digunakan mulai dari tahapan awal seperti desain produk sampai dengan proses akhir yaitu penjualan produk kepada konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) pengaruh influencer marketing produk elektronik pada platform youtube terhadap costumer purchase intention. (2) pengaruh influencer Marketing produk elektronik pada platform youtube terhadap brand image.(3) pengaruh brand image terhadap customer purchase intention (4) apakah brand image mampu memediasi hubungan antara influencer marketing produk elektronik pada platform youtube terhadap customer purchase intention (5) pengaruh influencer marketing produk elektronik pada platform youtube terhadap customer purchase intention dalam perspektif ekonomi islam. . Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian secara kuantitatif.. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuisioner.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2018 dengan jumlah keseluruhan 5.328 orang. Sampel dalam penelitian ini 100 responden dengan menggunakan rusum slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Influencer Marketing produk elektronik pada platform Youtube terhadap costumer purchase intention, menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan. Variabel Influencer Marketing produk elektronik pada platform Youtube terhadap Brand Image, menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan. Variabel Brand Image terhadap costumer purchase intention, menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan. Variabel Moderasi, hasil menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan pada variabel Influencer Marketing produk elektronik pada platform Youtube terhadap costumer purchase intention dengan iii Brand Image sebagai mediasi. Dalam Perspektif Islam tidak melarang setiap manusia untuk memenuhi kebutuhan atau keinginannya untuk membeli suatu produk, selama produk yang diperjualbelikan dijual dengan harga yang wajar dan tidak berlebihan, dan dapat mendatangkan manfaat. Kata Kunci : Influencer Marketing Produk Elektronik Pada Platform Youtube, Costumer purchase intention, Brand Image. iv ABSTRACT Technology and the industrial world are an inseparable part at this time. If in the past the dominant role of technology was only in the production sector, now all industrial sectors have utilized technology to maximize and streamline the processes that take place in it. Currently technology has been used starting from the initial stages such as product design to the final process, namely selling products to consumers. The purpose of this study is to determine: (1) the influence of influencer marketing of electronic products on the youtube platform on customer purchase intention. (2) the influence of influencer marketing of electronic products on the youtube platform on brand image. (3) the effect of brand image on customer purchase intention (4) whether brand image is able to mediate the relationship between influencer marketing of electronic products on the youtube platform on customer purchase intention (5) the influence influencer marketing of electronic products on the youtube platform on customer purchase intention in the perspective of Islamic economics. . This study uses a quantitative research approach. Data collection techniques use documentation and questionnaires. The population in this study were students of UIN Raden Intan Lampung Class of 2018 with a total of 5,328 people. The sample in this study was 100 respondents using the slovin rusum. The results show that the Influencer Marketing variable for electronic products on the Youtube platform on customer purchase intention, shows a significant positive effect. The Influencer Marketing variable for electronic products on the Youtube platform on Brand Image shows a significant positive effect. Brand Image variable on customer purchase intention, shows a significant positive effect. Moderating variable, the results show a significant positive influence on the variable Influencer Marketing of electronic products on the Youtube platform on customer purchase intention with Brand Image as a mediation. In the Islamic perspective, it does not prohibit every human being to fulfill their needs or desires to buy a product, as long as the product being traded is sold at a reasonable price and not excessive, and can bring benefits. Keywords: Influencer Marketing of Electronic Products on the Youtube Platform , Customer Purchase Intention, Brand Image

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:48
Last Modified: 25 Oct 2022 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21474

Actions (login required)

View Item View Item