PENGARUH MODAL KERJA, TEKNOLOGI, DAN KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelurahan Sumberejo Sejahtera Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung)

Jecki, Rinaldi (2022) PENGARUH MODAL KERJA, TEKNOLOGI, DAN KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelurahan Sumberejo Sejahtera Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL Jecki Rinaldi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha Mikro Kecil dan Menengah mempunyai peranan yang cukup penting dalam menyokong perkonomian masyarakat dan pembangunan ekonomi nasional. Meskipun industri kecil telah diakui memiliki peran dalam perekonomian masyarakat, namun dalam proses berjalannya usaha masih terdapat kendala yang dihadapi oleh pelaku industri kecil. Kendala tersebut antara lain keterbatasan modal usaha, keterbatasan teknologi yang kurang memadai dan rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM). Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh modal kerja, teknologi, dan kemampuan sumber daya manusia terhadap kinerja usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kelurahan Sumberejo Sejahtera Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksploratif dengan pendekatan kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM di Kelurahan Sumberrejo Sejahtera, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program komputer SPSS Statistics versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Modal Kerja berpengaruh positif terhadap Kinerja UMKM. Teknologi tidak berpengaruh terhadap Kinerja UMKM, diasumsikan bahwa ada faktor�faktor lain yang masih terbilang tradisonal. Kemampuan Sumberdaya Manusia berpengaruh positif terhadap Kinerja UMKM. Modal kerja, Teknologi dan kemampuan Sumber Daya Manusia berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja UMKM di Kelurahan Sumberejo Sejahtera Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung. Kata Kunci : Kinerja UMKM , Modal Kerja, Teknologi, Sumber Daya Manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:32
Last Modified: 21 Oct 2022 02:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21429

Actions (login required)

View Item View Item