ANALISIS STRATEGI DISTRIBUSI PRODUK DALAM MEMPERTAHANKAN PRODUCT LIFE CYCLE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Official BeeMe Bandar Lampung)

ANIKA, RIA NINGSIH (2022) ANALISIS STRATEGI DISTRIBUSI PRODUK DALAM MEMPERTAHANKAN PRODUCT LIFE CYCLE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Official BeeMe Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Semakin ketatnya persaingan bisnis sejenis yang terjadi saat ini membuat setiap pelaku usaha maupun perusahaan semakin dituntut untuk mempunyai strategi pemasaran yang efektif guna mempertahankan eksistensi suatu produk di pasaran. Strategi pemasaran mempunyai beberapa elemen penting yaitu product, price, promotion dan place. Elemen strategi pemasaran ini saling berkaitan satu sama lain. Keberhasilan pemasaran suatu produk bergantung pada strategi distribusi yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Namun pada kenyataannya, tidak semua perusahaan dapat mengimplementasikan strategi distribusi dengan baik dalam upaya mempertahankan siklus hidup suatu produknya. Berkaitan dengan produk Skincare BeeMe yang dirasa memiliki keunikan dalam mendistribusikan dan memasarkan produknya dimana produk skincare BeeMe yang dapat dibilang berusia dini namun telah mampu menguasai pangsa pasar dengan memiliki ratusan distributor di berbagai wilayah Indonesia bahkan sudah merambah sampai ke manca Negara. Perkembangan yang sangat pesat jika ditinjau dari siklus hidup produk dengan beberapa siklusnya. Produk yang dihasilkan oleh official BeeMe ini selalu mengalami peningkatan penjualan produk dari setiap bulannya pada tahun 2019. Namun mengalami penurunan penjualan di awal tahun 2020. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana strategi distribusi produk dalam mempertahankan siklus hidup produk BeeMe di Official BeeMe Bandar Lampung, sampai diposisi manakah produk BeeMe jika ditinjau dari siklus hidup produk dan bagaimana strategi distribusi produk BeeMe jika ditinjau dalam perspektif ekonomi islam. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi distribusi yang dijalankan oleh official BeeMe di Bandar Lampung, untuk mengetahui posisi produk skincare BeeMe pada tahapan siklus hidup produk dan untuk mengetahui strategi distribusi produk BeeMe jika ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan sumber data yaitu sumber data primer yaitu Owner Official BeeMe Skincare, admin, manajer operasional, distributor BeeMe di Bandar Lampung serta konsumen dan sumber data sekunder yang terdiri dari buku laporan perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan instrument penelitian yaitu peneliti itu sendiri sebagai instrumen utama dalam penelitian, pedoman obsevasi dan pedoman wawancara. Dalam rangka memepertahankan siklus hidup produk dengan mengutamakan strategi distribusi, Official BeeMe mendukung dan mempermudah distribusi produk BeeMe hingga ke Berbagai wilayah, BeeMe telah mengimlementasikan strategi distribusi intensif kemudian setelah distributor merata diberbagai daerah Official BeeMe merestorasi strategi distribusi menjadi distribusi selektif yang bertujuan untuk memaksimalkan sistem saluran distribusi. Keuntungan strategi ini adalah produk perusahaan tersedia luas di pasar. BeeMe melakukan marketing B2B dan B2C. Untuk strategi B2B BeeMe Menggunakan rantai Distributor, Agen dan Reseller. Sedangkan B2C menggunakan Marketplace dan Web Official Store. Official BeeMe mengimplementasikan strategi distribusi (strategi saluran distribusi, strategi cakupan saluran distribusi, strategi modifikasi saluran distribusi, strategi pengendalian saluran distribusi, strategi manajemen konflik dalam saluran distribusi) dan melakukan pemilihan saluran distribusi yang disesuaikan dengan jenis produk BeeMe. Berdasarkan hasil analisis siklus hidup produk pada produk skincare BeeMe diperoleh hasil bahwa posisi produk BeeMe saat ini berada pada tahap pertumbuhan (Rapid Grow) pada siklus hidup produknya. Produk BeeMe mengalami peningkatan pada volume penjualan, tingkat perubahan volume penjualan dan perolehan laba. Strategi distribusi yang diterapkan produk BeeMe dalam mempertahankan siklus hidup produknya ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam telah sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip ekonomi Islam. Official BeeMe menerapkan prinsip distribusi dalam sistem ekonomi Islam yaitu tidak melakukan Riba dan Gharar, menjunjung tinggi keadilan dalam distribusi, menerapkan konsep kepemilikan dalam Islam dan tidak menumpuk harta. Official BeeMe juga menerapkan strategi niaga yang diajarkan dalam syariat Islam yaitu mengamalkan sifat Shidiq, Amanah, Fathanah dan Tabligh dalam aktifitas distribusi produk skincare BeeMe. Berdasarkan hasil penelitian dari beberapa strategi distribusi yang dilakukan Official BeeMe Skincare Ibu dan Anak telah berhasil mempertahankan siklus hidup produknya yaitu dengan ditandai adanya perluasan pangsa pasar. Kata Kunci: Product, Distribution Strategy, Product Life Cycl

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:51
Last Modified: 20 Oct 2022 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21414

Actions (login required)

View Item View Item