PENGARUH MODAL USAHA, KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI DESA KARANG ANYAR DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Mikro di Desa Karang Anyar Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran)

Olvia, Nanda (2022) PENGARUH MODAL USAHA, KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI DESA KARANG ANYAR DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Mikro di Desa Karang Anyar Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI OLVIA NANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam peningkatan perekonomian suatu negara. UMKM dapat mengatasi masalah pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga perkembangan dan peran usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu terus ditingkatkan karena ketangguhannya dalam menghadapi berbagai krisis ekonomi serta banyak membuka banyak lapangan pekerjaan yang tentunya akan mengurangi tingkat pengangguran. Akan tetapi UMKM juga tidak lepas dari masalah yang harus dihadapi diantaranya kurangnya modal usaha, masih rendahnya kualitas sumber daya manusia dan kurangnya pengetahuan tentang strategi pemasaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal usaha, kualitas sumber daya manusia dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Karang Anyar Dalam perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian assosiatif. Data dikumpulkan melalui metode kuisioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Dan diperoleh sampel 55 responden yaitu para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Karang Anyar Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Tahap selanjutnya, data kuisioner dianalisis menggunakan regresi linear berganda yang sebelumnya telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji prasarat analisis, kemudian analisis uji t dan uji F. Hasil uji penelitian dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, menunjukkan bahwa, Modal usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan Usaha, Kualitas sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha, Strategi Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan Terhadap perkembangan Usaha, Modal usaha, kualitas sumber daya manusia dan strategi pemasaran secara bersama�sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha. Dalam perspektif ekonomi Islam modal usaha, kualitas sumber daya manusia dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Karang Anyar sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam. Kata Kunci : Modal Usaha, Kualitas Sumber Daya Manusia, Strategi Pemasaran Dan Perkembangan Usaha

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:27
Last Modified: 20 Oct 2022 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21406

Actions (login required)

View Item View Item