PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 NEGERIKATON

TRI, HANDAYANI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 NEGERIKATON. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the influence of the Blended Learning learning model using the Google Classroom application on the high-level thinking ability of class X students at SMA Negeri 1 Negerikaton. This research uses the Quasi-Experimental method of quantitative research type, with the research design of The Nonequivalent Control Group Design. The population in this study is class X SMA Negeri 1 Negerikaton for the 2021/2022 school year which consists of 6 classes, namely class X MIA 1-3 and class X IIS 1-3. The sampling technique in this study is simple ramdom sampling. The samples taken in this study were 32 students of class X MIA 1 as a control class and 32 students of class X MIA 2 as an experimental class. The instrument in this study is a test instrument in the form of a description question. Test the hypothesis in this study using a t-test. Based on the results of hypothesis tests using SPSS version 16.00, the results of the Sig value were obtained. (2-tailed) of 0.007. In accordance with the hypothesis test criteria that if the value of Sig. (2-tailed) < 0.05 then H1 is accepted. This proves that there is a significant difference. So it can be concluded that there is an influence of the Blended Learning learning model using the Google Classroom application on the high�level thinking ability of students at SMA Negeri 1 Negerikaton on business materials and energy. Keywords: Blended Learning learning model, Google Classroom Application, High-level thinking ability iv ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning menggunakan aplikasi Google Classroom terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Negerikaton. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment jenis penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian The Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X SMA Negeri 1 Negerikaton tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas X MIA 1-3 dan kelas X IIS 1-3. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah tenik simple ramdom sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu 32 peserta didik kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan 32 peserta didik kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal uraian. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 16.00, didapatkan hasil nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,007. Sesuai dengan kriteria uji hipotesis bahwa jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning menggunakan aplikasi Google Classroom terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi peserta didik di SMA Negeri 1 Negerikaton pada materi usaha dan Energi. Kata Kunci: Model pembelajaran Blended Learning, Aplikasi Google Classroom, Kemampuan berfikir tingkat tinggi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Oct 2022 07:07
Last Modified: 18 Oct 2022 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21342

Actions (login required)

View Item View Item