Efektivitas Model Pembelajaran ARCS (Attention Relevance Confidence and Satisfaction) terhadap Literasi Sains Peserta Didik

Novtalia, Dwi Safitri (2022) Efektivitas Model Pembelajaran ARCS (Attention Relevance Confidence and Satisfaction) terhadap Literasi Sains Peserta Didik. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NOVTALIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction) terhadap literasi sains peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy experiment dengan jenis penelitian nonequivalent control group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik dikelas IPA di SMA AL-Azhar 3 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling, sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas IPA 5 sebagai kelas control. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda literasi sains dan lembar observasi keterlaksanaan model ARCS (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction). Berdasarkan hasil penelitian dan melalui uji hipotesis menggunakan PASW 24.00 menunjukkan bahwa, hasil literasi sains peserta didik yang diperoleh pada tabel tersebut diperoleh bahwa nilai sig. (2-tailed) kurang dari batas kritis 0,05 yaitu (0.000 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa H₁ diterima. Berdasarkan kesimpulan dapat diartikan bahwa model ARCS (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction) efektif terhadap literasi sains peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction), Literasi Sains

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:57
Last Modified: 13 Oct 2022 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21305

Actions (login required)

View Item View Item