KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 6 WAY HALIM BANDAR LAMPUNG

Adha, Nurul (2017) KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 6 WAY HALIM BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_NURUL_ADHA.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI WAY HALIM BANDAR LAMPUNG OLEH Nurul Adha Kinerja atau unjuk kerja dalam konteks profesi guru adalah kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan melakukan penilaian hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui kinerja guru dalam pembelajaran bahasa Arab kelas V di MIN 6 Way Halim Bandar Lampung. Untuk mengetahui hal tersebut, maka penulis mengajukan rumusan masalah sebgai berikut: “Bagaimana Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas V di MIN 6 Way Halim Bandar Lampung”? Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, kemudian metode yang digunakan adalah metode induksi yaitu suatu cara atau jalan yang dipakai untuk memperoleh data dari hal yang bersifat khusus kemudian menarik kesimpulan yang bersifat umum adapun yang menjadi sumber data umum adalah guru bidang studi bahasa Arab. Selanjutnya dalam pengumpulan data, ada beberapa metode yang penulis gunakannya itu metode observasi, metode interview dan metode dokumentasi. Setelah semua data terhimpun maka langkah selanjutnya adalah pengolahan data yang meliputi teduksi data, display data dan verifikasi data. Dari data yang terkumpul maka penulis mengadakan analisis yaitu dengan suatu metode cara berfikir induktif yang berangkat dari kesimpulan khusus kemudian menjadi sebuah kesimpulan yang bersifat umum. Dar hasil penelitian dan analisa data yang didapat dari observasi, interview, dan dokumentasi bahwa, proses kinerja guru sudah cukup maksimal, namun ada beberapa problematika yang terjadi diantaranya: kesulitan siswa untuk menghafal dan menerjemahkan bahasa Arab. Upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Arab yaitu: perencanaan tujuan pembelajaran yang jelas, menerjemahkan, melatih kelancaran dalam membaca muhadastah, memberikan tugas terhadap siswa, penggunaan strategi agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih baik dan menyenangkan. Kata kunci: kinerja guru, pembelajaran bahasa Arab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 03 Mar 2017 07:44
Last Modified: 03 Mar 2017 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item