TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PENERAPAN ZONA SELAMAT SEKOLAH DI BANDAR LAMPUNG (Studi di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung)

BAGUS, PRIDO ZAINI (2022) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PENERAPAN ZONA SELAMAT SEKOLAH DI BANDAR LAMPUNG (Studi di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of perpus pusat bab 1 dan5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAGUS PRIDO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil pra riset yang dilakukan penulis diperoleh data bahwa Pemerintah Kota Bandar Lampung memberikan perhatian khusus terhadap anak-anak sekolah yang ditandai dengan inisiatif untuk menggulirkan program Zona Selamat Sekolah (Zoss), yaitu dengan memberikan dukungan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan perlindungan terhadap penyeberangan pejalan kaki dalam hal keselamatan berlalu lintas. Namun dalam penerapannya di Kota Bandar Lampung tidak setiap jalan menerapkan zona selamat sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana penerapan Zona Selamat Sekolah di Bandar Lampung? dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap penerapan Zona Selamat Sekolah di Bandar Lampung? Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan Zona Selamat Sekolah di Bandar Lampung dan untuk mengetahui tinjauan fiqh siyasah terhadap penerapan Zona Selamat Sekolah di Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field Research), dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi, observasi interview, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data yaitu, editing dan sistematika data, kemudian data dianalisis dengan metode kualitatif dengan pendekatan berfikir secara deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan, pertama, Penerapan Zona Selamat Sekolah di Bandar Lampung memiliki beberapa tahap yaitu pihak sekolah mengajukan usulan penyelenggaraan Zoss kepada Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung, Dinas Perhubungan melakukan survai atas usulan tersebut, apabila usulan memenuhi kriteria, maka Dinas Perhubungan meminta persetujuan penggunaan jalan sebagai lokasi Zoss sesuai dengan status jalan, tahap selanjutnya yaitu tahap evaluasi dengan cara survei, evaluasi terhadap penyelenggaraan Zoss pada tahap pertama perlu dilakukan setelah 3 (tiga) bulan implementasi Zoss. Setelah itu evaluasi dapat dilakukan setiap 6 (enam) bulan atau dapat dipercepat apabila dirasakan perlu. Kedua, Penerapan Zona Selamat Sekolah di Bandar Lampung tidak bertentangan dengan hukum Islam bahkan iii mengacu kepada spesifikasi fiqh siyasah dusturiyyah dan tanfiziyyah yang di dalamnya mengatur manusia dalam hidup bermasyarakat dan bernegara dengan membimbing mereka kepada kemaslahatan dan menjauhinya dari kemudaratan. penerapan zona selamat sekolah yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung itu diperbolehkan karena bertujuan untuk keselamatan perjalanan anak ke sekolah. Kata Kunci: Penerapan Zoss di Bandar Lampung, Fiqh Siyasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Oct 2022 04:51
Last Modified: 12 Oct 2022 04:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21292

Actions (login required)

View Item View Item