PENGARUH UKURAN, SOLVABILITAS DAN LIKUIDITAS PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN LAPORAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL MENGGUNAKAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) INDEKS (Studi Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2017-2020)

Vivi, Amiliasari (2022) PENGARUH UKURAN, SOLVABILITAS DAN LIKUIDITAS PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN LAPORAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL MENGGUNAKAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) INDEKS (Studi Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2017-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL VIVI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan lembaga keuangan di Indonesia mengalami kenaikan, termasuk lembaga keuangan syariah salah satunya ialah perbankan syariah. Sejalan dengan pertumbuhan bank syariah yang maju pesat, diikuti pula dengan tanggung jawab yang besar. Tanggung jawab sosial perusahaan sering dianggap inti dari etika bisnis yang merupakan mekanisme bagi suatu perusahaan yang sudah menjadi kewajiban untuk memberikan perhatian lebih terhadap lingkungan dan sosial dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Terkhusus bank syariah yang menggunakan sistem ekonomi syariah diharapkan menjadi percontohan bagi perusahaan lain dalam pengungkapan laporan tanggung jawab sosialnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ukuran, solvabilitas dan likuiditas perusahaan secara parsial dan juga secara simultan terhadap pengungkapan laporan tanggung jawab sosial pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Metode analisis data menggunakan regresi data panel. Dengan sampel 9 BUS dari populasi 14 BUS periode 2017-2020, yang diperoleh dari data sekunder melalui website masing-masing bank. Uji hipotesis menggunakan (R2, uji F, uji t), kemudian pengolahan datanya menggunakan aplikasi Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial, ukuran dan solvabilitas perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap tanggung jawab sosial bank umum syariah. Namun pada likuiditas perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tanggung jawab sosial bank umum syariah. Secara simultan ukuran, solvabilitas dan likuiditas perusahaan berpengaruh signifikan terhadap tanggung jawab sosial bank umum syariah sebesar 69,74%. Kesimpulan dari penelitian ini hanya variabel likuiditas perusahaan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap tanggung jawab sosial bank umum syariah. Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Solvabilitas, Likuiditas, CSR, ISR

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:18
Last Modified: 03 Oct 2022 07:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21176

Actions (login required)

View Item View Item