PENGARUH PENGGUNAAN FITUR PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi UIN Raden Intan Lampung Pengguna Shopee)

ALDES, RAMADANTI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN FITUR PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi UIN Raden Intan Lampung Pengguna Shopee). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL ALDES RAMADANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring perkembangan teknologi gaya hidup masyarakat semakin serba instan dikarenakan mayoritas masyarakat memiliki mobilitas yang tinggi dalam kegiatan sehari-harinya. Kemunculan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan banyak pengaruh bagi penggunanya. Teknologi tersebut merupakan bentuk dari media baru yang membuat penggunanya dapat dengan mudah mengakses informasi secara digital dan memanfaatkannya dalam berbagai kebutuhan. Salah satunya yaitu e-commerce, e-commerce merupakan aktivitas yang berkaitan dengan sistem pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistem elektronik seperti internet. Salah satu bentuk dari e-commerce ini yaitu aplikasi shopee, shopee adalah sebuah aplikasi yang bergerak dibidang jual beli yang penggunaannya dapat diakses secara mudah melalui smartphone, platform yang menarik dari shopee salah satunya adalah shopee paylater. Shopee paylater merupakan metode pembayaran dengan sistem pembayaran mencicil atau sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah pengunaan fitur paylater berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa? 2) Bagaimana perilaku konsumtif mahasiswa dalam perspektif ekonomi islam? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan fitur paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, 2) Untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumtif mahasiswa dalam persepektif ekonomi islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.652 mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi angkatan 2018-2021 dan sampel yang digunakan sebanyak 94 mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan data diolah menggunakan SPSS 20. Dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat penggunaan fitur paylater mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi UIN Raden Intan Lampung tahun 2018-2021 memiliki persentase sebesar 50,4% hal ini menunjukan bahwa penggunaan fitur paylater memberikan pengaruh positif terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Menurut pandangan ekonomi islam, fitur shopee paylater dapat dimanfaatkan. Namun dalam penggunaannya harus dilakukan secara bijaksana sehingga terhindar dari keburukan yang dilarang Allah SWT. Batasan dan ajaran dalam ekonomi islam mengajarkan kita agar tidak berperilaku konsumtif Kata Kunci : Penggunaan Fitur PayLater, Perilaku Konsumtif Mahasiswa ABSTRAC`T Along with the development of technology, people's lifestyles are increasingly instantaneous because the majority of people have high mobility in their daily activities. The emergence of information and communication technology has given a lot of influence for its users. This technology is a form of new media that allows users to easily access information digitally and use it for various needs. One of them is e-commerce, e-commerce is an activity related to the system of buying, selling, marketing goods or services by utilizing electronic systems such as the internet. One form of e-commerce is the shopee application, shopee is an application that is engaged in buying and selling whose use can be accessed easily via smartphones, one of the interesting platforms from shopee is shopee paylater. Shopee paylater is a payment method with a payment system in installments or in accordance with a predetermined agreement. The formulation of the problem in this study are: 1) Does the use of the paylater feature affect the consumptive behavior of students? 2) How is the consumptive behavior of students in the perspective of Islamic economics? The aims of this study are: 1) To analyze how much influence the use of the paylater feature has on the consumptive behavior of students, 2) To find out how the consumptive behavior of students in the Islamic economic perspective. This type of research is quantitative research. The population in this study was 1,652 students who received the 2018-2021 bidikmisi scholarship and the sample used was 94 students who received the bidikmisi scholarship. The data collection technique used a questionnaire/questionnaire and the data was processed using SPSS 20. In this study, simple linear regression analysis was used. The results of this study indicate that the level of use of the paylater feature of students receiving the Bidikmisi scholarship at UIN Raden Intan Lampung in 2018-2021 has a percentage of 50.4%, this shows that the use of the paylater feature has a positive influence on student consumptive behavior. According to the view of Islamic economics, the shopee paylater feature can be utilized. However, in its use it must be done wisely so as to avoid the evil that is forbidden by Allah SWT. Limits and teachings in Islamic economics teach us not to behave consumptively Keywords: Use of PayLater Features, Student Consumptive Behavior

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:18
Last Modified: 03 Oct 2022 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21127

Actions (login required)

View Item View Item