PENGARUH PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA

OCTIFA, FARAS ANDINI (2022) PENGARUH PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB  1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI OCTIFA FARAS ANDINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen (quasy experimental research) dengan desain penilitian randomized control group only posstest design. Populasi dalam penelitian ini adalah yaitu kelas XI MIPA 5 dan kelas XI MIPA 6 SMA YP Unila Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan sampel kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen angket berupa skala likert untuk mengukur motivasi belajar peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung >ttabel sebesar 7, 786 > 2,001 dengan taraf signifikan 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika. Kata kunci : Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Sep 2022 08:36
Last Modified: 30 Sep 2022 08:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21105

Actions (login required)

View Item View Item